Dua Andromax Bisa Telpon di Jaringan LTE

Smartfren meluncurkan smartphone baru
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) serius dalam menghadirkan teknologi Voice over LTE (VoLTE) untuk memanjakan komunikasi para pelangganya. Usai mengumumkan layanan VoLTE, mereka pun menyandingnya dengan perangkat pendukung VoLTE, yaitu Andromax E2 dan R2.

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya

Langkah tersebut membuat Smartfren menjadi operator telekomunikasi sekaligus produsen ponsel Indonesia pertama yang menghadirkan layanan VoLTE.

Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, mengatakan inovasi perusahaannya untuk menjadikannya yang pertama kali memperkenalkan ke publik.

Kemenkominfo Ingatkan Telkomsel, Indosat, Smartfren dan XL Axiata

"Kami kembali mengungguli kawan-kawan (operator) lainnya. Network kami sudah siap, VoLTE sudah bisa dinikmati," ujar Merza di X2, Senayan, Jakarta, Jumat, 19 Februari 2016.

Merza menceritakan kalau dibalik kehadiran layanan dan perangkat VoLTE terinspirasi dari 12 tahun lalu, saat ia bekerja di salah satu perusahaan yang berupaya untuk menyematkan kamera di ponsel. Hal itu menjadi pertanyaan besar yang serupa dengan kelahiran VoLTE di tangan perusahaannya.

Menkominfo Kasih Lampu Hijau Operator Telekomunikasi untuk Merger

"Pertanyaan hadirnya VoLTE ini sama pertanyaan persis kira-kira 10-12 tahun lalu. Saya masih di perusahaan lain yang ingin menghadirkan kamera 512 kilopiksel untuk pertama kalinya. Waktu itu saya bilang ngapain kamera di ponsel, siapa yang mau pakai. Pertanyaan itu tertuang lagi dengan VoLTE," tutur dia.

Merza mengatakan, nantinya di masa mendatang VoLTE diyakini akan menambah kualitas telpon sehingga tak hanya mengandalkan suara saja tapi bisa memungkinkan untuk komunikasi melalui video.

"VoLTE itu tidak hanya voice tapi bisa komunikasi sambil menonton video atau dikenal dengan video call. Ke depan kami akan disuguhkan dengan aplikasi-aplikasi yang menggunakan video," ucapnya.

Untuk tahap awal, Smartfren akan memfokuskan diri kepada dua keluarga Andromax yang sudah mendukung layanan VoLTE ini, E2 dan R2. Sementara perangkat Andromax lainnya yang sudah hadir, belum bisa menggunakan teknologi tersebut.

"Smartfren sedang mengembangkan software untuk memungkinkan Andromax lainnya bisa melakukan VoLTE, segera pokoknya dalam waktu dekat. Sekarang, kita fokus dulu ke dua perangkat Andromax E2 dan R2," kata Merza. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya