Lumia Kini Bisa Upgrade ke Windows 10

Sistem operasi Windows di Microsoft Lumia
Sumber :
  • Amal/VIVA

VIVA.co.id - Sistem operasi Windows 10 mulai sekarang bisa disematkan pada perangkat smartphone. Bahkan, generasi terbaru dari sistem operasi tersebut dapat dilakukan secara gratis.

Sayangnya, pembaruan Windows 10 ini hanya berlaku pada pengguna Lumia. Pihak Microsoft mengungkapkan, penyematan Windows terbaru pada perangkat smartphone jenis Lumia ini dimaksudkan agar pengguna merasakan pengalaman menggunakan Windows 10 dalam genggaman.

"Kehadiran Windows 10 di smartphone Lumia memungkinkan pengguna lebih cepat menyelesaikan pekerjaan mereka, karena Windows 10 dilengkapi dengan Office 2016, Cortana, OneDrive cloud storage gratis dan berbagai aplikasi lainnya, yang memaksimalkan produktivitas pengguna," tulis Microsoft melalui keterangan tertulisnya, Senin, 21 Maret 2016.

Pembaruan Windows 10 pada smartphone Lumia ini akan tersedia dalam beberapa gelombang. Untuk gelombang pertama, Microsoft baru merilis 10 seri Lumia yang bisa mendukung pembaruan tersebut.

Sepuluh seri Lumia yang dimaksud yaitu Lumia 430, Lumia 435, Lumia 532, Lumia 535, Lumia 540, Lumia 640, Lumia 640 XL, Lumia 730, Lumia 930, dan Lumia 1520.

Dalam melakukan pembaruan ke Windows 10 ini, Microsoft memberikan panduan lima langkah yang harus dilakukan oleh pengguna Lumia.

Pertama, unduh aplikasi Upgrade Advisor yang tersedia di Windows Store. Setelah itu, buka aplikasi dan cek kembali apakah smartphone Anda memungkinkan pembaruan tersebut.

Kedua, cek ketersediaan upgrade. Buka Upgrade Advisor kembali, pastikan ada ruang kosong sebesar 1,5 GB untuk melakukan pembaruan ke Windows 10. Apabila ada maka lanjut ke langkah berikutnya.

Ketiga, copy data Anda. Pilih Advanced Option dan pilih Next. Advanced Option akan tampil pada layar dan Anda diperintahkan untuk memilih data mana yang akan disimpan di OneDrive.

Keempat, mulai upgrade. Sebelum memulai pembaruan, cek apakah koneksi tersambung ke WiFi dan smartphone dalam keadaan terhubung ke charger. Buka phone update pada pengaturan yang dilanjutkan download upgrade dan menyetujui syarat serta ketentuan yang diajukan.

Terakhir, jika sudah melakukan hal-hal yang sudah dituliskan sebelumnya, Anda tinggal menunggu proses pembaruan Windows 10 ke smartphone Lumia selesai.

VIDEO: Malas Bangun Pagi, Coba Alarm Unik Microsoft Ini
Microsoft

Microsoft PHK Lagi Ribuan Karyawan, Ada Apa?

Karyawan di-PHK, termasuk divisi hardware ponsel.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016