Menteri Nasir Janji akan Bantu Startup 'Zaman Now'

Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi, M. Nasir.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA – Era disrupsi teknologi revolusi industri 4.0 bisa dikatakan era bagi masyarakat 'zaman now'. Di mana mulai menjamurnya platform-platform dibuat oleh perusahaan perintis atau startup untuk mempermudah aktivitas masyarakat.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Sebut saja pesan makanan, transportasi dan sebagainya. Menteri Teknologi Riset dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, mendorong agar lebih banyak lagi startup untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat zaman now.

"Buatlah startup yang diperlukan masyarakat. Contoh sudah ada seperti transportasi online, belanja online. Ayo, buat yang banyak, tidak ada ruginya mencoba dan buatlah se-kreatif mungkin. Negara yang unggul adalah negara yang penuh inovasi," katanya, saat menjadi pembicara kuliah umum dengan tema "Membangun Startup Menuju Revolusi Industri" di Kampus STMIK STIKOM Bali, Jumat, 2 Februari 2018.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Ia juga menyinggung keterkaitan antara startup dengan perguruan tinggi, di mana startup bisa disiapkan sejak dini. Menurut Nasir ada tiga bidang utama yang sesuai dan harus dikembangkan saat ini menuju kehidupan ekonomi digital.

"Ketiganya adalah big data, coding, dan artificial intelligence. Ketiganya yang justru harus banyak dijadikan sebagai program studi di perguruan tinggi," paparnya.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Seperti diketahui, Kemenristekdikti punya andil besar untuk mengembangkan startup dan juga punya program hibah untuk perusahaan pemula berbasis teknologi.

"Silakan ajukan proposalnya, bila mungkin dilihat ada prospek yang bagus dari startupnya, terutama di bidang-bidang yang terkait revolusi industri 4.0. Kemenristekdikti akan siap membantu mengembangkan," kata Nasir. Tahun lalu, sudah ada 661 startup yang dibantu pendanaan oleh Kemenristekdikti.

Anindya Bakrie (dok. Instagram @anindyabakrie)

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Direktur Utama dan Chief Executive Officer (CEO) PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), Anindya Bakrie, mengunjungi Station F di Paris.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024