E-Commerce Tekstil dan Suku Cadang Akhirnya Komersil

88Spares.com
Sumber :
  • Dok.Ist

VIVA – Sebagai sektor industri tertua dan terbesar di Indonesia, sudah selayaknya ada wadah digital yang menaungi industri tekstil dan suku cadang. Situs 88Spares, akhirnya hadir dan mengomersilkan diri awal April ini.
 
88Spares.com merupakan perusahaan inovasi yang tengah bangkit dalam industri tekstil. Situs tersebut meluncurkan fitur komersilnya dalam ajang industri terbesar di Asia Tenggara, yaitu Indo Intertex 2018. Acara ini dilaksanakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, pada 4 sampai 7 April 2018.

Menperin: PMI Manufaktur Juni 2023 Naik Tinggi, Tapi Industri Tekstil Masih Menderita

Platform ini mengklaim telah merangkul hampir 100 vendor dari seluruh dunia yang bergerak di bidang suku cadang industri tenun. Tak lupa juga menampilkan ribuan produk suku cadang permesinan tekstil dan garmen dalam inventarisnya. Platform 88Spares akan segera mencakup wilayah Asia Tenggara, sembari mempersiapkan diri untuk meraih pasar internasional.

“Pada akhirnya, kami tentu akan meluncurkan bisnis global. Namun di tahun ini, kami ingin fokus terlebih dahulu pada Indonesia,” kata Chief Marketing Officer & Co-Founder 88Spares, Rosari Soendjoto, dalam keterangannya, Selasa 3 April 2017.

Alami Penurunan Ekspor, Kemenperin Dorong Kinerja Industri Tekstil dan Produk Tekstil

Dengan fitur baru, pengguna 88Spares dapat menikmati transaksi jual-beli yang lebih mudah, lancar, dan tanpa hambatan. Belum lama diluncurkan, fitur ini telah menuai sukses dari transaksi beberapa pabrik tenun tekstil di Solo dan Bandung. Mereka memiliki ratusan mesin tenun dan berpartisipasi menjadi pengguna awal pada uji coba fitur komersil 88Spares. 

“Pabrik tekstil dan garmen di Indonesia kini dapat memotong biaya operasional dan pengadaan suku cadang mereka, karena mereka mendatangkannya langsung lewat 88Spares. Tujuan utama kami adalah untuk berkontribusi nyata dalam pengembangan industri tekstil dan garmen di Indonesia, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi,” ujar CEO & Co-Founder 88Spares, Hartmut Molzahn.

Alasan Pemerintah Ngotot Larang Impor Pakaian Bekas

Diketahui, Industri tekstil sanggup menghasilkan US$11,87 miliar cadangan devisa bagi negara, serta menyerap 17,03 persen tenaga kerja di industri manufaktur Indonesia.

88Spares hadir sebagai platform utama bagi industri tekstil dan produsen suku cadang untuk membangun jaringan dan berbisnis dengan satu sama lain. Pertama kali diperkenalkan ke publik pada Indo Intertex 2017 tahun lalu, 88Spares telah berkembang pesat dan mengakomodasi sedikitnya 100 vendor dan memuat beberapa ribu varian produk suku cadang mesin tekstil.

Indo Intertex 2018 adalah acara tekstil dan garmen terbesar di Asia Tenggara, yang memiliki cakupan pengaruh ke seluruh kawasan perekonomian tersebut. Lebih dari 712 peserta pameran dan 14.000 pengunjung dari 23 negara ditargetkan untuk berpartisipasi dalam ajang ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya