Bisnis Umrah dengan Sentuhan Teknologi Digital

Suasana ibadah umrah di Arab Saudi beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • REUTERS/Ahmed Jadallah

VIVA – Umrah kini dijadikan paket wisata Muslim dunia. Apalagi, jemaah umrah Indonesia merupakan salah satu yang terbanyak di dunia.

Wapres Maruf soal Jemaah Umrah RI Ditangkap di Arab: KJRI Sudah Bantu Advokasi

Tumbuhnya bisnis 'haji kecil' ini, lantaran untuk dapat melaksanakan rukun Islam kelima, yaitu naik haji, membutuhkan antrean hingga puluhan tahun.

Berdasarkan data World Travel and Tourism Council, umrah mampu mendulang uang sebesar US$140 juta atau Rp1,86 triliun pada 2013. Tahun ini, diperkirakan melonjak menjadi US$238 juta atau Rp3,16 triliun.

Tahap II Ditutup, Kemenag Sebut 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

Saat ini, kepastian berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan umrah semakin mudah, karena bisa memesan paket umrah melalui aplikasi. Hal tersebut dilakukan oleh PT Safa Amsa Indonesia melalui SafaBooking.

3 Amalan Ini Punya Pahala Setara dengan Haji dan Umrah

Direktur Eksekutif Safa Amsa Indonesia, Esam Azzubaidi mengatakan, pesatnya pertumbuhan jumlah jemaah umrah Indonesia ke Tanah Suci kian menuntut peningkatan kualitas pelayanan, namun tidak bertele-tele.

"Karena itulah kami menawarkan terobosan teknologi digital. Salah satu fungsinya membantu masyarakat memilih agen perjalanan umrah yang tepercaya, berpengalaman serta kepastian keberangkatan," kata Esam di Jakarta, Rabu, 11 April 2018.

Melalui sistem pemesanan online, ia menuturkan, jemaah dengan mudah dapat memilih, memesan dan melakukan pembayaran semuanya secara online, baik melalui website safabooking.com maupun pada aplikasi Safaumrah yang telah tersedia di Android Playstore, dan akan tersedia di Apple Store.

Dengan proses pemesanan umrah secara online, membuat jemaah akan terlayani secara maksimal, karena dapat memantau status pemesanan paket umrah mulai dari tahapan pemesanan, pembayaran, status visa umrah, hingga waktu keberangkatan.

Ilustrasi/Aktivitas ibadah umrah di Tanah Suci Mekah.

Biaya perjalanan umrah diperkirakan sekitar Rp20 juta, sedangkan umrah plus harganya antara Rp30 juta hingga Rp40 juta. Untuk semakin mempermudah ibadah umrah, SafaBooking menggandeng PT Bank Mandiri Tbk.

Menurut Senior Manager Bank Mandiri, I Wayan Primananta, kerja sama ini menawarkan program yang memudahkan calon jemaah dalam melakukan perencanaan ibadah umrah, yakni program cicilan nol persen dengan jangka waktu tiga hingga enam bulan.

"Program ini memungkinkan calon jemaah untuk berangkat umrah terlebih dahulu, lalu menyelesaikan pembayaran kemudian dengan skema cicilan yang ditawarkan," ungkap Wayan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya