Tips Bisnis Startup untuk Pemula Ala Aktor Christian Sugiono

Pemeran Film Sabrina, Sara Wijayanto dan Christian Sugiono.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Aktor sekaligus digital technology entrepreneur, Christian Sugiono, bersedia membagi tips mempromosikan startup yang baru mau diluncurkan agar lebih cepat dikenal masyarakat.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Kala berbincang kepada VIVA, Selasa, 8 Maret 2018, pria yang sudah berinvestasi di startup komestik di Korea Selatan ini menyebut ada beberapa poin yang harus dilakukan.

Business Plan Harus Rapih

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Tian, sapaan akrab Christian Sugiono, mengatakan, startup-startup baru ini harus fokus sama yang sudah direncanakan. Baik 3, 5 ataupun 10 tahun, meski diakuinya pasti ada perubahan di tengah perjalanan.

Ilustrasi kencan

2024 jadi Tahun Krusial bagi Industri Kripto Indonesia

“Hanya saja, sebisa mungkin, kalau mau berubah total jangan terlalu lama. Kalau merasa dari awal akan berbeda dengan business plan, langsung diubah. Mumpung masih early. Itu hal yang wajar,” ujar pria yang memiliki situs kencan online, Setipe.com.

Formasi Ideal

Ia mengatakan, paling tidak dibutuhkan tiga orang dengan kemampuan terbaik untuk menjalankan sebuah usaha, seperti ada yang menguasai produk, jago pemasaran dan penjualan, serta lihai manajemen atau organisasi bisnis.

Promosi

Tentunya, sebelum mendapatkan user atau konsumen, maka harus meraih merchant atau vendor.

“Kalau misalnya besok kita mau launching terus orang lihat masih kosong barangnya, ya, enggak ada yang mau pakai. That’s why, dari tiga bulan kemarin, kita sudah listing ke ribuan vendor, kita daftarin, dan sekarang barangnya sudah ada,” kata Tian.

Marketplace atau website.

Dengan begitu ketika launching terus user lihat sudah ada barangnya, maka bisa langsung eksekusi. “Begitu strateginya. Kalau belum yakin dengan barang-barangnya, jangan berani-berani launching,” tutur suami dari aktris Titi Kamal.

Tian saat ini sedang fokus mendirikan startup baru yang akan diluncurkan pada 14 Mei 2018 bernama Cumi.id, atau kepanjangan dari Cuma Minjem.

“Ini adalah aplikasi marketplace sewa-menyewa untuk semua kategori dan segmentasi barang atau produk," paparnya.

Laporan: Misrohatun

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya