Ada 'Israel' di Asian Games 2018

Aplikasi Moovit.
Sumber :
  • thetower.org

VIVA – Israel sejatinya masuk ke dalam wilayah Asia. Namun, negera Yahudi tersebut ditolak keikutsertaannya pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Meski demikian, Moovit, aplikasi transportasi buatan Israel justru hadir untuk memandu atlet dan peserta kontingen.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

"Aplikasi transportasi umum Moovit yang dibuat oleh startup Israel telah dipilih sebagai aplikasi mobilitas resmi untuk Asian Games 2018 yang digelar tanggal 18 Agustus-2 September di Indonesia," demikian keterangan resmi Moovit, seperti dikutip dari Thetower, Selasa, 14 Agustus 2018.

Dipilihnya Moovit karena aplikasi ini menyediakan jadwal keberangkatan, kedatangan, dan transit moda transportasi secara realtime.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Aplikasi angkutan umum gratis ini sudah tersedia di Android, iOS, dan web, serta memiliki lebih dari 200 juta pengguna di lebih dari 2.500 kota di 82 negara.

Aplikasi ini juga menyediakan layanan rencana perjalanan dan peringatan layanan, serta peringatan Get-Off. Tak cuma itu, Moovit bisa dipakai oleh pengguna yang menderita gangguan penglihatan, karena memiliki fitur sulih suara.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Moovit dapat digunakan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia, China (sederhana dan tradisional), Jepang, Thailand, Melayu, Tagalog, Korea, Hindi, Rusia, dan Arab.

Sebelumnya, Moovit telah mendukung FIFA World Cup 2014 dan menjadi partner resmi beberapa event olah raga seperti Copa America 2015, UEFA Euro 2016, Olimpiade Rio 2106, AS Roma Football Club 2017 Euroleague Final Four, dan kini Asian Games 2018.

Startup yang membuat aplikasi ini, Moovit, didirikan oleh Nir Erez di Tel Aviv, Israek, pada Februari 2012 bersama dengan Roy Bick dan Yaron Evron.

Mereka telah mengumpulkan dana hingga US$131,5 juta hingga saat ini dari investor, termasuk Intel Capital dan Sequoia Capital. Israel telah berkompetisi di Asian Games sebanyak lima kali, dari 1954 hingga 1974.

Pada 1981, Federasi Asian Games diselenggarakan sebagai Dewan Olimpiade Asia dan untuk alasan politik Israel dikeluarkan, dan setahun kemudian dilarang secara permanen hingga sekarang.

Dalam laman resmi Asian Games 2018, menu Apps Kami, terdapat beberapa aplikasi yang dipampang. Selain Asian Games, ada Smart INASGOC Client Service, Moovit, Anantarupa, dan AG Pay sebagai platform pembayaran. 

Sejak 2015 Moovit telah membantu pengguna transportasi umum di Indonesia mendapatkan cara termudah dan ternyaman ke tujuan mereka. Kini melayani 16 kota, mencakup 1.250 rute, dan menampilkan informasi real time kedatangan armada TransJakarta, DAMRI Bandara, KRL Commuter Line,Trans Metro Bandung, Trans Semarang, Batik Solo Trans, Trans Batam, dan lainnya. 

“Digunakan 200 juta lebih pengguna di 80 lebih negara, Moovit telah mendukung FiFA World Cup 2014 dan menjadi partner resmi beberapa event olah raga seperti : Copa America 2015, UEFA EURO 2016, Olimpiade Rio 2106, AS Roma Football Club 2017 Euroleague Final Four, dan kini Asian Games 2018,” tulis laman AsianGames2018.id.

Moovit sendiri merupakan perusahaan data analitik mobilitas urban dan sebuah aplikasi transportasi publik gratis. Aplikasi ini dibuat oleh Moovit App Global Ltd, yang sebelumnya dikenal dengan TranzMate. Perusahaan itu ditemukan 2011 dengan basis kantor di Ness Ziona, Israel. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya