111 Startup Binaan Indigo, Nasib Mereka Kini

Ilustrasi startup unicorn.
Ilustrasi startup unicorn.
Sumber :
  • www.pixabay.com/geralt

VIVA – Inkubator perusahaan rintisan yang digawangi oleh PT Telkom, Indigo Creative Nation (Indigo) mengklaim telah menginkubasi ratusan startup. Total ada 111 startup yang telah mereka bina selama ini.

Pembinaan Indigo terhadap startup sejatinya telah dimulai seja 2013. Memang tidak semua ratusan startup itu bisa berhasil dikembangkan. Namun setidaknya Indigo telah membantu meringankan beban pemerintah yang menginginkan ada 1.000 startup lokal yang tumbuh sampai 2019 nanti.

"Sejak tahun 2013, program Indigo Creative Nation juga telah menginkubasi 111 startup. Dari angka itu, sekitar 37 startup telah menghasilkan secara komersial, bahkan 16 startup diantaranya telah mendapatkan pendanaan tambahan dari para Investor dalam dan luar negeri," kata Herry Fahrur Rizal, Deputy Head of Digital Startup & Community Engagement, dalam keterangannya, Jumat, 24 Agustus 2018.

Dikatakan Herry, dari sekian startup yang telah dibina Indigo, ada beberapa startup yang telah berhasil menciptakan kolaborasi bernilai milyaran rupiah bersama Telkom Group seperti PrivyID, Kofera, dan Run System. Sedangkan perusahaan yang mendapat dana tambahan dari investor, salah satunya adalah payfazz.

Oleh karena itu, Herry mengatakan, Indigo tidak akan berhenti sampai di situ dalam mencari startup potensial. Indigo akan kembali menyelenggarakan gelaran tahunan bernama Indigo Day yang ke-3 pada Rabu, 29 Agustus 2018 mendatang. Ajang ini tak hanya sinergi antara startup binaan Indigo dengan Telkom Group, melainkan juga dengan lebih dari 15 venture capital dan para Investor startup.

Indigo Day sendiri memadukan antara startup pitching, startup demo day, startup exhibition, dan talkshow yang mengundang para pembicara setingkat C-level yang berasal dari kalangan startup unicorn, korporasi, venture capital, dan kepemerintahan.

Tema besar Indigo Day batch ke-1 tahun 2018 ini akan mengusung semangat kolaborasi dalam bidang inovasi teknologi yang diisi oleh pembicara seperti Ridzki Kramadibrata (Managing Director Grab Indonesia) dan Albert Lucius (Co-Founder & CEO of Kudo), David Bangun selaku Direktur Digital & Strategic Portfolio, Ery Punta Hendraswara selaku Managing Director Indigo, dan Nicko Widjaja selaku CEO MDI (Metra Digital Innovation) Ventures.