Tokopedia Pecat Karyawan karena Flash Sale, Bukti Pengawasan Masih Ada

Ketua idEA, Ignatius Untung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lazuardhi Utama

VIVA – Temuan e-commerce Tokopedia bahwa 40 karyawannya melakukan tindak kecurangan saat flash sale membuktikan bahwa sistem pengawasan atau quality control perusahaan masih ada. Meskipun pengawasan dilakukan, namun bobolnya sistem tetap masih bisa dilakukan.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

"Selama masih ada faktor human error pasti bisa dijebol," ujar Ketua Indonesian E-Commerce Association, Ignatius Untung kepada VIVA, Kamis, 6 September 2018.

Menurutnya justru yang harus menjadi perhatian adalah sesempurna apapun sistem tetap bisa ditembus atau dijebol. Langkah Tokopedia terhadap masalah ini, lanjut Ignatius, patut diapresiasi.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

"Mereka tahu akan menanggung risiko besar dan namanya dipertaruhkan. Karena informasinya tersebar di publik. Justru kami ingin meluruskan. Mereka itu korban bukan pelaku. Kalau mereka pelaku enggak akan blow-up ke publik," tegas dia.

Sebelumnya, Tokopedia memecat 40 karyawannya akibat terlibat kasus penipuan saat flash sale pada 15-17 Agustus 2018. Aksi kecurangan itu membuat pembeli tidak bisa mendapatkan stok barang secara adil.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Aksi curang oknum karyawan Tokopedia itu membuat pengguna tak bisa membeli stok barang murah secara adil selama flash sale tersebut.

Tokopedia menyatakan tak menoleransi praktik yang menyalahi nilai integritas perusahaan. Dengan gagal menjaga kepercayaan menjadikan Tokopedia juga gagal menjaga integritas.

Temu Pelanggan 2024

Lindungi Kesehatan Pekerja, Kemnaker Ajak Perusahan Aktif Tanggulangi Tuberkolosis di Tempat Kerja

Kemnaker mengajak perusahaan untuk memiliki komitmen yang tinggi sekaligus terlibat partisipasi aktif dalam menanggulangi Tuberkolosis di tempat kerja.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024