Keren, Rekrut Karyawan Zaman Now Lewat ML dan AI

Managing Director Kalibrr Indonesia, Sanuk Tandon.
Sumber :
  • Dok. Kalibrr

VIVA – Era digital memang mau tidak mau memaksa seluruh manusia untuk berubah dan mengikuti zaman, termasuk perusahaan zaman now. Mulai dari operasional sampai produksi, semua telah tersentuh teknologi. Namun, berapa banyak perusahaan yang menyadari bahwa perekrutan karyawan mereka seharusnya mulai meninggalkan pola konvensional?

Angin Segar untuk Startup Pemula

Managing Director Kalibrr Indonesia, Sanuk Tandon, mengatakan jika perusahaan yang ingin maju harus memiliki niat untuk berubah dan mengikuti perkembangan digital, termasuk mencari digital talent melalui platform perekrutan yang canggih. Seperti yang dimiliki Kalibrr, yang telah mengadopsi artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML).

Teknologi yang mereka adopsi, kata Sanuk, mampu memberikan rekomendasi talent yang tepat untuk perusahaan, dan sebaliknya bisa menawarkan jenis pekerjaan yang sesuai dengan keahlian job seekers.

Siap-siap Kesal Baca Berita tentang Model Ini

Secara tidak langsung, perusahaan bisa melakukan remote recruitment, yang artinya mengurangi waktu dan biaya yang dibutuhkan dalam proses meng-hire karyawan.

"Waktu dan cost bisa dihemat sampai 40 persen dengan presisi match yang tinggi. Sekitar 40.000 orang sudah di-hire perusahaan berkat bantuan Kalibrr. Algoritma yang kami gunakan bisa memberikan penilaian dari segi pendidikan sampai skill. Proses test atau ujian bisa langsung dilakukan di platform kami," kata Sanuk di Jakarta, Kamis, 18 Oktober 2018.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Managing Director Kalibrr Indonesia, Sanuk Tandon.

Platform teknologi rekrutmen yang hadir di Indonesia sejak 2016 itu kini mengklaim telah digunakan oleh 250 perusahaan. Mulai dari startup, internasional, sampai perusahaan konglomerasi. Yang unik, ada 525 ribu pengguna di Kalibbr yang hampir 88 persennya adalah millennials (usia sampai 30 tahun). Dan lebih dari 80 persen memiliki jenjang pendidikan S1.

"Perusahaan besar yang sudah menggunakan jasa kami seperi BCA, Gojek, Accenture, dan banyak lagi. Pertumbuhan user kami juga cukup pesat, bisa 50.000 dalam satu bulan. Banyaknya user millennials membuat kami memahami pasar millennials yang sebenarnya. Bahkan tak butuh waktu lama bagi kami untuk bisa meraih satu juta job seeker, awal tahun depan bisa," kata Sanuk.

Solusi perekrutan Kalibrr terdiri dari tiga layanan utama yang mendukung kliennya di setiap tahapan perekrutan: Talent Portal yang menghubungkan perusahaan dengan data pencari kerja yang relevan dan berkualitas tinggi.

Sistem Rekrutmen yang memadukan Applicant Tracking System (ATS) dengan mesin bertenaga AI yang berfungsi seperti headhunter untuk menemukan, dan merekomendasikan kandidat terbaik untuk setiap lowongan pekerjaan; dan layanan Employer Branding, yang memungkinkan perusahaan untuk membangun dan mengembangkan branding perusahaan untuk memposisikan diri mereka di mata pencari kerja.

“Tujuan Kalibrr adalah membantu klien kami untuk mempekerjakan kandidat terbaik. Kami mencapainya dengan memanfaatkan kombinasi unik dari database pencari kerja berkualitas, layanan employer branding perusahaan, dan penawaran sistem rekrutmen. Ini yang kami tawarkan kepada klien kami - solusi rekrutmen berkelas dunia.” kata Sanuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya