Kebutuhan Masyarakat Jadi Alasan Bhinneka Tetap Buka Toko Offline

Ilustrasi transaksi bisnis e-commerce.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Platform e-commerce Indonesia, Bhinneka, akan menambah jumlah toko offline menjadi lima pada tahun ini. Sebelumnya, Bhinneka memiliki delapan toko yang tersebar di Indonesia.

Huawei Band 9: Layar Mirip Smartwatch, Harga Cuma Setengah Juta

Founder dan Chief Executive Officer Bhinneka, Hendrik Tio mengatakan, keputusan untuk menambah toko setelah melihat kebutuhan masyarakat sekitar.

"Jadi tidak sampai jor-joran buka toko dan berujung rugi. Tidak sama sekali. Kami lebih memperhitungkan efisiensi," kata dia di Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.

Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

Menurutnya akan ada tambahan dua toko lagi di Jakarta yang sebelumnya sudah ada tujuh. Hendrik mengatakan bahwa kepadatan penduduk di ibu kota menjadi alasan untuk membuka toko lagi.

Kontribusi pendapatan business-to-consumer (B2C) dari Bhinneka mencapai 20 persen dari keseluruhan. Hendrik mengaku pemasukan toko, baik online maupun offline, sama rata.

Lebaran Pengeluaran Membengkak? Ini 7 Tips Menyiasatinya Biar Lebih Hemat

"Begini. Di online sudah lihat barang, tapi seperti ada yang kurang kalau tidak melihat fisiknya. Jadi mereka datang ke toko baru membeli. Ini, kan, artinya saling mengisi pasarnya," jelas dia.

Namun demikian, Hendrik mengaku untuk pertumbuhan pendapatan dari toko offline melambat. Akan tetapi, penetrasi toko online masih sangat bagus sehingga toko offline menjadi pelengkap.

Selain itu, Hendrik mengklaim bahwa pertumbuhan toko online di Bhinneka tiga kali lebih cepat dibandingkan toko offline. Meski begitu, ia optimistis toko offline tetap tumbuh.

"Kalau kita lihat dari luar Indonesia, pemain-pemain online masuk ke offline. Bahkan, di China kita ketahui yang pasarnya luar biasa," jelas Hendrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya