Gojek Latih Mitra Trik Lawan Kekerasan Seksual

Gojek luncurkan program pelatihan anti kekerasan seksual
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Layanan online to offline  atau O2O, Gojek mengaku proaktif untuk terus memperkuat dan memprioritaskan keamanan bagi para mitra dan penumpang. Saat ini ada dua inisiatif untuk memperkuat fokus perusahaan, ialah fitur keamanan dan program mitigasi risiko. 

Arab Saudi Beri Hukuman Berat Ini Kepada Pelaku Kekerasan Seksual di Makkah dan Madinah

Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita mengatakan, program mitigasi risiko ini berbentuk edukasi kepada koordinator komunitas Gojek. Perusahaan berkolaborasi dengan Hollaback untuk memberi pembekalan, tentang apa itu pelecehan seksual dan apa yang harus dilakukan jika itu terjadi. 

"Ada beberapa perilaku sehari-hari yang kita tidak sadar bahwa itu adalah pelecehan. Contohnya seperti catcalling atau bersiul, mereka enggak tahu kalau ini pelecehan. Ini yang harus diedukasi, agar tidak hanya mencegah tapi juga berperan aktif dalam memitigasi," ujarnya di Jakarta, Jumat 15 Maret 2019.

Ivan Gunawan Minta Maaf Bercanda Soal Pencabulan, Dibela Deddy Corbuzier

Co-Director Hollaback Jakarta, Anindya Restuviani menjelaskan, Hollaback merupakan sebuah platform yang berbasis aplikasi mobile dan situs web jakarta.ihollaback.org. Platform ini disediakan bagi masyarakat yang mengalami kekerasan seksual maupun intervensi. 

"Baru Gojek yang responsif melakukan pelatihan kepada mitra, kita yang memberi pelatihan bukan internal. Daripada mereka menjadi pelaku, lebih baik membekali mereka untuk melakukan intervensi," katanya. 

Ivan Gunawan Minta Maaf Usai Bercanda Soal Kasus Pencabulan: Saya Mengaku Salah

Intervensi, menurut Anindya, membutuhkan formula 5D yakni direct, distract, delegated, documanting, dan delay. Saat ini program baru terlaksana di Jakarta. Tahap awal baru diadakan di Jabodetabek, Bandung, Bali dan Palembang. 

"Saya berharap adanya kolaborasi ini dapat meningkatkan jumlah ruang aman di publik. Ilmu ini bisa dimanfaatkan mitra saat sedang bekerja maupun saat sedang tidak mengenakan atribut Gojek. Kekerasan bisa kita hentikan sama-sama," katanya. 

Ilustrasi pencabulan wanita

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Korban pelecehan seksual seorang mahasiswi Undip teman dari pelaku NJI. Korban dekat NJI karena sering menjadi tempat untuk curhat tapi malah disodorkan minuman keras

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024