Majukan Bisnis Perempuan Indonesia, Moka Kerja Sama dengan IWAPI

Penandatanganan Kerja Sama Moka dan IWAPI
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Alika

VIVA – Moka, startup penyedia sistem kasir digital, menandatangani perjanjian kerja sama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Kamis, 21 Maret 2019, di Jakarta. Tujuan kerja sama ini adalah untuk memajukan lebih dari 30.000 ribu pengusaha wanita di Indonesia.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Momen peresmian kolaborasi Moka dan IWAPI tersebut, diumumkan pada acara wadah edukasi pebisnis UMKM, A Cup of Moka (ACOM), edisi spesial International Woman’s Day yang jatuh pada 8 Maret 2019 lalu. 

Bentuk kerja sama Moka dan IWAPI tersebut yaitu dengan memfasilitasi pelaku UMKM di bawah naungan IWAPI dalam dua lingkup utama, yaitu melalui produk Moka point of sales (POS) dan program edukasi bisnis kreatif.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Produk Moka POS ini menyajikan kemudahan bagi para womenpreneur untuk menjalankan usahanya. Misalnya, dalam mengelola laporan bisnis, memantau transaksi harian, pelacakan inventaris, dan layanan lain seputar operasional wirausaha.

"Ada paradigma bahwa perempuan memiliki peran ganda," kata VP Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan, yang menjelaskan latar belakang lahirnya Moka POS. 

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Menurut Bayu, dengan teknologi Moka POS, perempuan yang menjadi ibu maupun pelaku bisnis, dapat menjalankan usahanya secara efisien. Sehingga dengan kemudahan operasional usaha, akan lebih banyak waktu yang tersedia untuk diri sendiri maupun keluarga. 

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Nita Yudi, mengatakan bahwa perempuan seharusnya bisa memanfaatkan teknologi, apalagi di era revolusi industri 4.0. 

"Dengan adanya revolusi industri 4.0 ini harus kita manfaatkan," ujar Nita.

“Dengan Moka selaku startup yang berfokus pada pengembangan UMKM, kami berharap dapat bersinergi untuk memberdayakan dan memperkuat kaum wanita di UMKM, terutama untuk mendapatkan akses ke teknologi baru, kemudahan pemasaran, dan keuangan,” jelasnya.

Nita menyebutkan saat ini anggota IWAPI telah mencapai 40.000 orang. Sementara sistem kasir Moka sudah digunakan oleh 14.000 merchant. 

Untuk mendapatkan layanan Moka POS, dapat meng-install aplikasinya di Play Store. Selain menyediakan platform pengelolaan bisnis berbasis online, Bayu menyebutkan Moka juga menggulirkan program offline berupa edukasi wirausaha di komunitas-komunitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya