Inovasi E-Commerce Asuransi, Klaim Instan Bisa Langsung Masuk Kantong

Fitur Klaim Instan PasarPolis.
Sumber :
  • Dok. PasarPolis

VIVA – Mengurus asuransi, apalagi klaim yang diajukan secara langsung seperti di dunia penerbangan, bisa jadi cukup rumit dengan segala proses yang ada. Misalnya saja, klaim instan jika penerbangan dibatalkan, proses pencairannya bisa menunggu sampai berhari-hari.

Sering Delay dan Batal, Penetrasi Asuransi Perjalanan di RI 1,1 Persen

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, pada semester pertama di 2018, satu dari lima penerbangan di Indonesia mengalami delay. Detailnya, jumlah penerbangan di Indonesia yang mengalami keterlambatan mencapai 87.509 kasus.

Kemudian, ada juga pembatalan penerbangan sebanyak 1.991 kasus atau 0,48 persen. Sayangnya, data industri menyebutkan hanya 5 persen masyarakat Indonesia yang menyadari pentingnya asuransi perjalanan.

Pakai Aplikasi Ini, UMKM dapat Asuransi Jiwa

Padahal, insiden itu bisa digunakan untuk mendapatkan hak ganti rugi oleh penumpang karena delay artinya semua waktu terbuang percuma karena jadwal menjadi mundur, bahkan sampai berhari-hari jika dibatalkan. Penumpang dengan polis asuransi bisa mendapatkan ganti rugi sebesar ratusan ribu rupiah untuk keterlambatan jadwal berangkat, hingga jutaan rupiah, apabila pesawat membatalkan penerbangan.

"Salah satu keluhan yang paling umum dari pemegang polis adalah proses klaim asuransi yang rumit, memakan waktu, dan menguras biaya. Inilah yang hendak kami ubah dengan fitur bernama instant claim," ujar Chief Executive Officer dan Founder dari PasarPolis, Cleosent Randing, Selasa 9 April 2019.

Startup Teknologi Asuransi Beri Tips Mudik Aman

Pendiri e-commerce asuransi itu menyebutkan ketika terjadi delay, sistem perusahaan secara otomatis akan mengirimkan pemberitahuan bagi pemegang polis bahwa mereka berhak untuk mengklaim asuransi. Pemegang polis hanya perlu mengisi data pribadi dan data bank secara online, tanpa perlu memberikan dokumen apa pun.

"PasarPolis menjadi perusahaan asuransi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki fitur klaim instan. Hanya dalam hitungan menit, pencairan klaim sudah langsung ditransfer ke rekening bank pemegang polis," katanya.

Saat ini, fitur klaim instan tersedia untuk semua penerbangan Citilink secara nasional, dan untuk semua penerbangan yang dibeli di JD.id dan PegiPegi.com, dengan premi mulai dari belasan ribu.

PasarPolis mengklaim saat ini telah berhasil membukukan lebih dari 100.000 pembeli asuransi penerbangan dan ratusan pencairan klaim setiap bulannya. Pada periode kuartal keempat 2018, PasarPolis mencatatkan lebih dari 1 juta polis asuransi yang terjual.

Di tahun 2019, PasarPolis berencana untuk mengembangkan fitur klaim instan ke lebih banyak mitra strategis di industri perjalanan dan transportasi. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya