'Perang Total' Gojek dan Grab di Singapura

Ilustrasi Gojek dan Grab.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Dua aplikasi transportasi online di Asia Tenggara, Gojek dan Grab, terus melanjutkan perang bisnis mereka. Kali ini, Singapura menjadi 'medan pertempuran' layanan ride-hailing tersebut.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Gojek misalnya. Mereka sukses menggandeng operator telekomunikasi SingTel setelah empat bulan mengaspal di Singapura. Gojek memberikan diskon paket berlangganan ponsel dan fasilitas data kepada para mitra pengemudi atau driver-nya.

General Manager Gojek Singapura, Lien Choong Luen menuturkan, layanan ini merupakan layanan tambahan yang termasuk ke dalam paket manfaat bagi para driver yang telah diluncurkan pada awal bulan ini.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Paket manfaat ini terdiri dari diskon harga bahan bakar, asuransi dan layanan telekonsultansi medis. Meski sudah diluncurkan 1 April lalu, namun program ini akan berlaku bagi semua driver yang telah memenuhi syarat pada Juni 2019.

"Diskon terbaru dari Singtel untuk driver ini adalah bagian dari rencana Gojek untuk menyempurnakan layanan ride-hailing di sini sebelum kami meluncurkan layanan-layanan yang lainnya," ungkap Lien, seperti dikutip dari Today Online, Rabu, 24 April 2019.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Yuen Kuan Moon (berdiri) dan Lien Choong Luen (duduk).

Meski begitu, ia mengaku bahwa layanan ini bukanlah bagian dari rencana aplikasi super (super apps). Lien menyebut akan fokus pada standard layanan tepat waktu dan peningkatan kualitas.

Kepala Eksekutif Konsumen Singtel, Yuen Kuan Moon mengaku, di bawah kemitraannya, driver bisa berlangganan satu dari lima paket kombo untuk mendapatkan layanan paket data.

Paket tersebut dihargai mulai dari S$30 (Rp307 ribu) hingga S$240 (Rp2,46 juta). Syaratnya, driver harus menunjukkan kartu identitas dan aplikasi di ponsel mereka untuk mendaftar.

"Paket layanan ini bisa menghemat antara S$10 (Rp102 ribu) dan S$20 (Rp205 ribu) per bulannya," jelas Moon.

Grab pun tidak mau kalah. Mereka meluncurkan fitur baru pemesanan tiket hiburan, BookMyShow, hotel Agoda dan Booking.com serta layanan streaming video on-demand Hooq ke ekosistem aplikasi super atau super apps.

Group Head of Product and Design Grab Singapura, Jerald Singh, mengaku juga memperkenalkan layanan perencanaan angkutan umum terintegrasi di aplikasinya. Layanan ini akan diluncurkan secara progresif, dan akan tersedia bagi seluruh pengguna di Singapura pada Juni 2019.

Grab di Singapura.

"Kami sangat senang untuk menawarkan layanan baru ini kepada pelanggan kami. Satu hari bersama Grab sekarang menjadi lebih mudah dan praktis. Mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali," ungkap Singh, seperti dikutip dari Business Times.

Saat ini, untuk pengguna Grab Platinum, Emas, dan Perak dapat membeli voucher hotel dengan harga S$20 (Rp205 ribu) yang dipesan melalui Agoda, dengan syarat, pengeluaran minimum sebesar S$200 (Rp2,05 juta).

Bagi pengguna Grab Platinum juga dapat memperoleh akses ke program Genius Booking.com dan menikmati diskon 10 persen serta keuntungan lainnya. Singh menambahkan Grab juga akan menawarkan konten video online melalui aplikasinya dalam kemitraan dengan Hooq.

Mulai Mei 2019, semua pengguna Grab di Singapura akan mendapatkan dua bulan konten Hooq gratis ketika mereka berlangganan melalui aplikasi, serta menikmati tarif diskon S$8 (Rp82 ribu) per bulan setelahnya yang dibayarkan melalui GrabPay.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya