Ganti 'Wajah' Jadi Alasan Kaesang Pangarep Cari Modal untuk Ternakopi

Startup Ternakopi milik Kaesang Pangarep.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, baru saja mengumumkan bisnis barunya yaitu Startup Ternakopi. Ia pun berkesempatan untuk tampil di depan para investor di global startup akselerator yang digelar oleh GK Plug and Play.

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

Sebagai co-founder Ternakopi, Kaesang menyampaikan alasannya bergabung di GK Plug and Play. Ia mengaku sedang mencari mentoring agar ke depannya bisnis barunya ini berjalan mulus.

Selain itu, Kaesang juga ingin memiliki konsep bisnis yang ramah lingkungan. Di mana botol kemasan kopi milik usahanya akan diganti menggunakan bahan plastik oxium. Bahan ini diklaim tidak seperti kantong plastik biasa, yang artinya dapat terurai.

Elon Musk Batalkan Kunjungan ke India, Ini Alasannya

"Untuk mengganti kemasan kami butuh enam bulan untuk ketersediaan dana karena cukup tinggi. Kami punya mitra strategi yang bisa membuat kemasan plastik dari oxium," katanya di dalam acara Expo 4.0, Jakarta, Kamis, 25 April 2019.

Saat ini harga per botolnya hanya Rp20 ribu. Namun, ia melanjutkan, apabila kemasannya sudah diganti ada kemungkinan harganya naik. Menurutnya dalam tiga minggu mereka sudah berhasil menjual delapan ribu kopi.

Kinerja Industri Pengolahan RI Kuartal I-2024 Moncer, BI: Ada di Fase Ekspansi

Bukan itu saja. Kaesang mengaku sedang dalam tahap pengembangan aplikasi Ternakopi di Android. Aplikasi menjadi komponen penting sehingga dirinya bisa mengetahui siapa saja pelanggannya, selain untuk keperluan database.

"Kegunaan lainnya adalah supaya nanti bisa order secara online. Pengguna juga bisa mendapat poin reward yang kalau dikumpulkan bisa mendapat kopi gratis. Ke depan, kalau sudah mature, bukan tidak mungkin pengirimannya pakai kurir sendiri," jelas dia.

Dalam event ini Kaesang harus bersaing dengan 16 startup lainnya untuk menarik perhatian investor. Untuk batch selanjutnya, GK Plug and Play memfokuskan pada bisnis internet of things and mobility, food and agritech, serta fintech dan insurtech.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya