Pakai Aplikasi Ini, Poin Ibadah Bisa Ditukar Jadi Donasi

Kerja sama antara Aplikasi Umma, Gojek, Kitabisa.com serta Dompet Dhuafa di Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Beberapa hari memasuki Bulan Ramadan, Aplikasi Umma merilis Program Ramadhan Ummah atau Rummah. Menurut rencana Rummah akan tersedia mulai 1 Ramadan 1440 Hijriah.

GoTo Rugi Rp 90 Triliun pada 2023, Manajemen Ungkap Penyebabnya

Menurut Co-founder dan CEO Umma, Indra Wiralaksmana, Ramadan adalah bulan spesial bagi umat Muslim untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan guna mendapat keberkahan. Ia berharap program ini dapat memudahkan pengguna dalam belajar, beribadah dan berdonasi.

"Ramadan tahun ini Umma menjadi one stop solution untuk para pengguna kami agar lebih mudah beribadah dan melakukan berbagai amalan. Karena, konten terkait Ramadan menjadi yang paling banyak diakses," katanya di Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.

Soal Rencana Buyback Saham, Dirut Goto Kedepankan Prinsip Kehati-hatian

Program Rummah, lanjut Indra, menghadirkan sejumlah layanan, yang beberapa di antaranya memang menjadi layanan permanen seperti jadwal salat atau arah kiblat.

Adapun layanan yang dikhususkan yaitu mutaba'ah yaumiyah atau rekaman kegiatan ibadah sehari-hari. Lewat fitur ini pengguna akan mendapat poin setiap aktivitas ibadah dan amalan harian yang dilakukan serta direkam.

Goto Dapat Komisi dari TikTok Shop-Tokopedia per 1 Februari 2024

Poin yang terkumpul bisa ditukar dalam format uang tunai, untuk kemudian didonasikan ke kitabisa.com atau Dompet Dhuafa.

"Kami berharap pengguna bisa mewujudkan target total donasi sebesar Rp1 miliar melalui fitur mutaba'ah yaumiyah. Dalam satu bulan, jika mereka melakukan semua ibadah dan amalan maka poin yang terkumpul bisa mencapai 574, atau setara Rp574 ribu," jelas Indra.

Pada kesempatan yang sama, Head of Third-Party Platform Gojek, Sony Radhityo mengungkapkan, ketika memasuki Ramadan, maka aktivitas permintaan tertinggi terjadi menjelang buka puasa atau Maghrib.

"Permintaan (demand) melakukan ibadah selama Ramadan meningkat cukup tajam. Ini membuat kami ingin selalu berinovasi dengan segala macam fitur dan layanan untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari," kata Sony.

Ia menambahkan, sepanjang Ramadan, Gojek akan menyediakan waktu salat, Alquran serta arah kiblat di platform. Seperti diketahui, Aplikasi Umma dan Gojek melakukan kerja sama sebagai upaya semakin memperluas jangkauan. Hingga ini sudah 142 juta pengguna mengunduh aplikasi Gojek. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya