Qlue dan Nvidia Kembangkan Teknologi Pemantauan Lewat CCTV

Kerja sama Qlue dan Nvidia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Perusahaan rintisan atau startup Qlue bersama Nvidia Inception Program mengembangkan teknologi yang tidak hanya mengandalkan pelaporan dari warga, melainkan live sensor security dari kamera pemantau atau CCTV.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Pendiri dan Kepala Eksekutif Qlue, Rama Raditya, menuturkan Nvidia akan mendukung beberapa program Qlue, salah satunya dalam pengembangan teknologi video analitik. Menurutnya saat ini mereka telah memiliki enam solusi analitik, di antaranya ada face recognition yang akan memantau masyarakat melalui CCTV.

Kemudian people counting, yang merupakan pemantau lalu lintas yang akan mengetahui jumlah kendaraan yang lalu lalang.

Geger Seorang Pelajar SMP Terkapar Dikeroyok Sesama Pelajar, Pelaku Panik Ada CCTV

Selanjutnya ada parkir liar, yang akan menertibkan kendaraan yang tertangkap kamera CCTV dan plate recognition yang membuat pelat nomor kendaraan terintegrasi dengan alat pembayaran parkir.

"Program ini akan membantu perusahaan dalam menyatukan berbagai pengetahuan teknis dan bisnis dengan solusi artificial intelligence (AI) dan deep learning. Dukungan Nvidia diharapkan bisa mengoptimalkan teknologi Qlue yang telah ada sebagai bagian dari solusi smart city," kata Rama di Jakarta, Kamis, 9 Mei 2019.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Saat ini implementasi Qlue sudah diterapkan di 15 kota dan 17 kepolisian daerah. Sedangkan, untuk pengguna solusi ada 50 institusi dan klien, termasuk manufaktur, pemerintahan, properti dan real estate, serta yang akan dikerjasamakan bidang asuransi.

Adapun, Nvidia Inception Program merupakan program akselerasi startup teknologi berbasis deep learning dan artificial intelligence (AI). Rama mengungkapkan program ini juga akan membuka akses ke ahli-ahli deep learning, dukungan GPU dan software Nvidia, serta pelatihan dari sisi marketing.

Pada kesempatan yang sama, Senior Manager Channel and Alliances Nvidia, Budi Harto, menambahkan jika perusahaannya memiliki citra yang kuat bidang gaming. Khusus bidang AI, ia mengaku telah mengembangkannya sejak delapan tahun silam.

"Nvidia Inception Program sudah diikuti oleh dua ribu startup di dunia. Dari Indonesia sudah ada 15 peserta. Dengan kerja sama ini kami berkomitmen untuk mendukung berbagai produk dan bisnis Qlue untuk mengembangkan ekosistem smart city," jelas Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya