Jack Ma Tak Bangga jadi Pendiri Alibaba, Pilih Guru Saja

Pendiri Alibaba, Jack Ma.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/M Agung Rajasa

VIVA – Kepala Eksekutif dan Pendiri Alibaba, Jack Ma mengumumkan dia akan kembali mengajar setelah pensiun pada September 2019. Hal ini diumumkannya pada gelaran Viva Tech Conference di Paris, pada 16 Mei 2019.

KIP Perintahkan KPU Beberkan Data Rincian Infrastruktur Teknologi Pemilu 2024

Dikutip dari laman Business Insider, Senin 20 Mei 2019, pria berumur 54 tahun itu mengatakan, akan resmi mundur dari jabatannya pada 10 September, tepat pada momen peringatan perusahaan yang ke 20 tahun. Dia lebih memilih melepas jabatannya karena lebih suka mengajar.

Mantan guru bahasa Inggris itu juga menuturkan, ia ingin menghabiskan uang yang diperolehnya dari Alibaba untuk memperbaiki dan mengubah sistem pendidikan di Tiongkok, alih-alih menyerahkannya kepada investor atau bank.

Ketua KPU Buka Suara soal Isu Aplikasi Sirekap Terafiliasi dengan Alibaba

Ma merasa masih muda, sehingga dia akan menghabiskan 15 tahun lagi di dunia pendidikan. Perlu diingat, pada September 2018 dia telah mengumumkan mengundurkan diri pada 2019 dan posisinya itu akan digantikan oleh Daniel Zhang.

Ma juga sudah mencari seseorang yang lebih baik darinya ketika ada seorang investor yang memintanya mengundurkan diri, karena perusahaan tersandung masalah besar lebih dari 10 tahun lalu.

Ocistok, Platform Startup E-Commerce RI Lebarkan Sayap Bisnis ke Negeri Tirai Bambu

"Saya mendengar itu dan saya berkata, saya tidak bisa mengundurkan diri sekarang karena jika saya mengundurkan diri, perusahaan akan runtuh. Saya hanya akan mengundurkan diri ketika perusahaan baik-baik saja," kata Ma saat itu kepada investor.

Pada konferensi itu, Ma juga berkata tidak bangga menjadi pendiri Alibaba. Namun dia malah bangga dengan kesalahan dan tantangan yang telah diatasi perusahaan selama 20 tahun terakhir.

"Ketika Anda menjadi wirausahawan, jangan takut dengan pesaing, jangan takut salah, jangan takut tantangan, pergi lalui itu semua. Itu bagian yang hebat dan menyenangkan dari bisnis Anda. Kamu tidak bisa hanya duduk dan menangis," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya