Logo WARTAEKONOMI

Cari Uang Tambahan, Gen Z dan Milenial Harus Berfikir 'Out of the Box'

Mau Raih Pendapatan Pasif? Manfaatkan Fintech P2P Syariah Saja!. (FOTO: Unsplash/Rawpixel).
Mau Raih Pendapatan Pasif? Manfaatkan Fintech P2P Syariah Saja!. (FOTO: Unsplash/Rawpixel).
Sumber :
  • wartaekonomi

Pasar tenaga kerja Indonesia kian ramai dengan tambahan angkatan kerja di 2019. Menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah angkatan kerja di Indonesia bertambah 2,24 juta orang pada Februari 2019, menjadi total 136,18 juta.

Artinya, ada 2,24 juta tenaga kerja baru yang memasuki lapangan kerja, yang disebut dengan istilah first jobbers atau pekerja pertama.

Tahun ini, pencetak generasi first jobbers bukan lagi dari generasi milenial, namun diramaikan dengan generasi Z yang lahir di periode 1995-2010 yang digadang-gadang akan siap turut berkontribusi menggerakan ekonomi nasional.

Mengintip survei Deloitte terhadap generasi milenial dan generasi Z dari 42 negara (termasuk Indonesia), ada lima hal yang menjadi ambisi hidup mereka.

Traveling, memiliki gaji besar, membeli rumah, melakukan perubahan sosial, dan terakhir berkeluarga. Prioritas untuk memenuhi ambisi tersebut terkadang saling tumpang tindih yang seringkali imbasnya mengganggu kesehatan finansial.

Dima Djani, CEO dan Pendiri Alami, mengungkapkan perlunya out-of-the-box mindset yang relevan dengan problem finansial yang dialami generasi muda saat ini, salah satunya memasukkan unsur pendapatan pasif dalam perencanaan keuangan.

Pendapatan pasif merupakan pendapatan yang dihasilkan tanpa mengharuskan individu bekerja secara aktif. Rata-rata karyawan Indonesia bekerja selama delapan jam sehari atau 40 jam per minggu.