Logo WARTAEKONOMI

Generasi Milenial Lebih Suka Gojek Ketimbang Grab

3 Layanan Go-Jek Ini Ungguli Grab, Apa Saja Tuh? (FOTO: Tanayastri Dini Isna).
3 Layanan Go-Jek Ini Ungguli Grab, Apa Saja Tuh? (FOTO: Tanayastri Dini Isna).
Sumber :
  • wartaekonomi

Generasi milenial menjadi segmen konsumen terbesar di Indonesia, menurut data demografis Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip lembaga riset Alvara.

Pada 2020, mereka yang lahir antara 1981 hingga 1997 akan mengisi 34 persen dari populasi Tanah Air dan akan menjadi mayoritas hingga 2035.

Lembaga riset itu mengadakan riset terhadap lebih dari 1.204 responden di kota-kota besar Indonesia untuk menjelaskan preferensi generasi itu terhadap produk para penyedia layanan digital.

Parameternya meliputi kesadaran merek, loyalitas, serta tingkat kepuasan. "Pasar milenial jadi pasar terbesar dan potensial di Indonesia, baik dari sisi jumlah maupun perilaku yang berbeda dengan segmen pasar lainnya," ujar CEO Alvara, Hasanuddin Ali, di Hotel Four Points, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Tiga aplikasi seluler paling populer diduduki oleh transportasi daring (96,4 persen), pengiriman makanan daring (87,8 persen), dan aplikasi belanja (76,9 persen). Sementara itu, penggunaan aplikasi pembayaran digital dan pemesanan hotel jauh lebih rendah, masing-masing 30 persen dan 11,7 persen.

Hasan menyampaikan bahwa mayoritas di setiap kategori, merek Indonesia mendominasi, kecuali aplikasi belanja daring.

Ia menegaskan Gojek menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh milenial. Mulai dari berbagi tumpangan, pengiriman makanan, hingga pembayaran digital.