Logo WARTAEKONOMI

Cari Anjing Hilang Enggak Perlu Repot, Cukup dari Ponsel

Startup Ini Bisa Lacak Anjing yang Hilang Gunakan Vision AI. (FOTO: TechCrunch).
Startup Ini Bisa Lacak Anjing yang Hilang Gunakan Vision AI. (FOTO: TechCrunch).
Sumber :
  • wartaekonomi

Perusahaan rintisan atau startup artificial intelligence (AI) asal China, Megvii, yang memasok perangkat lunak pengenalan wajah untuk program pengawasan pemerintah sedang mengembangkan teknologi di luar manusia untuk mengenali berbagai wajah hewan peliharaan.

Program baru Megvii dilatih untuk mengenali anjing dengan sidik jari, sebagaimana manusia memiliki sidik jari yang unik.

Menggunakan aplikasi Megvii, perusahaan dapat mendaftarkan anjing seseorang hanya dengan memindai moncong (hidung) melalui kamera ponsel.

Sama halnya saat ponsel mendaftarkan sidik jari manusia untuk membuka kunci biometrik, aplikasi ini meminta konsumen untuk mengambil foto hidung anjingnya dari berbagai sudut.

Megvii memiliki tingkat akurasi 95 persen dan telah menyatukan kembali 15 ribu hewan peliharaan yang hilang dengan pemiliknya melalui aplikasi.

Pengenalan wajah untuk hewan peliharaan menjadi lebih luas selama beberapa tahun terakhir. Konsep ini telah digunakan oleh para peneliti untuk konservasi satwa liar.

Di Amerika Serikat, aplikasi bernama Finding Rover juga menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk menemukan kucing dan anjing yang dilaporkan hilang.