Soal Umrah Digital, Tokopedia: Kami Berkolaborasi, Bukan Jual Langsung

Tokopedia.
Sumber :

VIVA – Inisiasi umrah digital yang melibatkan Tokopedia dan Traveloka belakangan mengundang kontroversi. Ada kekhawatiran masuknya dua platform marketplace itu bakal mengganggu bisnis biro umrah yang sudah berjalan saat ini. Tokopedia akan terus mengusung kolaborasi dan bermitra dengan pemain industri umrah.

Arab Saudi Larang Jemaah Lakukan Umrah Lebih dari Sekali saat Bulan Ramadhan, Ada Apa?

Tokopedia menegaskan, perusahaan tak akan mengganggu biro umrah malah sebaliknya akan menggandeng mereka sebagai mitra.

"Tokopedia akan terus menggunakan konsep kolaborasi dan bekerja sama sebagai marketplace, bukan melakukan penjualan secara langsung," ujar Vice President of Corporate Communications, Nuraini Razak kepada VIVA, Rabu 24 Juli 2019. 

Persiapan Hotel di Makkah Menyambut Jutaan Jemaah Umrah Selama Ramadhan

Untuk detail bisnis model umrah digital yang dijalankan Tokopedia, Nuraini mengatakan, saat ini masih dalam pematangan. Namun dia menegaskan, prinsipnya Tokopedia akan melibatkan para biro umrah. 

"Saat ini rencananya tetap bermitra dan membawa ekosistem yang ada sekarang. Termasuk para agen konvensional untuk dapat menjadi perusahaan teknologi yang memiliki akses dan jangkauan pasar lebih luas yang sudah dimiliki Tokopedia," tuturnya. 

Aturan Baru, Arab Saudi Larang Umrah Dua Kali Selama Bulan Ramadhan

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Traveloka dan Tokopedia tak akan mengganggu bisnis umrah, setelah pemerintah menandatangani nota kesepahaman umrah digital dengan Arab Saudi. Rudiantara menepis kekhawatiran kedua marketplace tersebut akan ‘memakan’ biro umrah yang sudah ada sebelumnya. 

Rencana umrah digital itu mendapat protes dari anggota parlemen. Anggota Komisi VIII DPR, Khatibul Umam Wiranu mengatakan, dampak keterlibatan dua perusahaan besar tersebut dipastikan bakal menggulung bisnis travel yang telah dirintis puluhan tahun oleh masyarakat. Khatibul mengibaratkan masuknya Traveloka dan Tokopedia dalam bisnis umrah ini sebagai ‘tsunami’ untuk biro umrah kecil.  [mus]

Tokopedia-TikTok latih UMKM go online.

Beda Penafsiran Permendag 31/2023 Jangan Bikin Rezeki UMKM Seret, Ini Penjelasannya

Polemik beda penafsiran terkait Permendag tersebut ditegaskan sangat merugikan para pelaku UMKM yang banyak menggunakan media sosial dalam menjual produk mereka.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024