Logo WARTAEKONOMI

Belum Satu Tahun Mengaspal, Gojek Diprotes di Vietnam

Ratusan Pengemudi Go-Viet Protes Skema Poin Baru. (FOTO: Boxcar).
Ratusan Pengemudi Go-Viet Protes Skema Poin Baru. (FOTO: Boxcar).
Sumber :
  • wartaekonomi

VIVA – Baru-baru ini, ratusan ojek online Go-Viet di ibu kota Vietnam, Ho Chi Minh, memprotes skema imbalan baru, karena membuat mereka lebih sulit mendapatkan penghasilan yang sama.

Resmi mengaspal pada September 2018, Go-Viet merupakan anak perusahaan Gojek yang bersaingan ketat dengan Grab.

Go-Viet memiliki sekitar 100 ribu pengemudi di Vietnam dengan jasa sepeda motor (ojek online/ojol), makanan, dan pengiriman paket.

"Skema berbasis penetapan harga yang baru, didesain untuk mengatur layanan untuk konsumen dan pengemudi berdasarkan tingkat permintaan sepanjang hari," ujar Kepala Komunikasi Go-Viet, Nguyen Van Chi, dilansir dari KrAsia Rabu (24/7/2019).

Meski begitu, ia mengaku akan berdiskusi lebih lanjut dengan para mitra pengemudi atau driver untuk mengulas serta menyempurnakan kebijakan barunya tersebut.

Aksi protes ini meluas dengan cepat di depan kantor pusat Go-Viet di Distrik 3 Ho Chi Minh pekan lalu. Pengemudi meminta penjelasan mengenai skema baru yang berlaku mulai 18 Juli lalu.

Driver Go-Viet baru bisa memperoleh bonus jika mencapai tolak ukur poin tertentu yang dikumpulkan berdasarkan pesanan yang dipenuhi, seperti di Indonesia.