Platform Edukasi Kesehatan Ini Terima Curhat soal Alat Kontrasepsi

Ilustrasi kondom.
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA – Informasi terkait alat kontrasepsi memang masih dianggap tabu untuk dibicarakan, apalagi di kalangan remaja.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Padahal dampak yang ditimbulkan dari ketidaktahuan terkait kondom dan kawan-kawannya, cukup mengkhawatirkan. Oleh karena itu platform teknologi bernama Honestdoc membuka layanan konsultasi tentang alat kontrasepsi.

Dikatakan pihak Honestdocs, setiap alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan serta tingkat efektivitas yang berbeda. Karena itu sangat penting bagi pasangan untuk mengetahui informasi lengkap terkait alat kontrasepsi yang ingin dipilih.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

"Jika ragu, mereka juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter-dokter profesional yang tersedia di platform HonestDocs. HonestDocs membuat sesi konsultasi kesehatan menjadi lebih privat, nyaman, dan praktis, karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tanpa menunggu antrean atau jam praktik," ujar tim dokter dari Honestdocs, dalam keterangan resminya, Rabu, 7 Agustus 2019.

Platform teknologi kesehatan itu pernah mengadakan riset dan menemukan jika angka penggunaan kontrasepsi ini cukup mengkhawatirkan, terutama karena angka kehamilan remaja Indonesia di luar nikah kerap meningkat lebih dari 500 kasus setiap tahun.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia pada 2017, hal ini disebabkan karena rendahnya pengetahuan anak muda tentang kesehatan reproduksi, serta kurangnya akses terhadap informasi yang akurat tentang metode kontrasepsi.

Riset internal yang mereka lakukan juga menemukan bahwa hanya sekitar 33 persen responden menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seksual.

Kemudian, sekitar 67 persen mengaku tidak menggunakan alat kontrasepsi karena berbagai alasan, seperti mengurangi kenikmatan hubungan intim, takut efek samping, mencoba hamil, alasan agama, atau karena sudah steril, sehingga tidak perlu memakai kontrasepsi.

Dari data HonestDocs, provinsi dengan tingkat penggunaan kontrasepsi terendah adalah Bengkulu, Aceh, Yogyakarta, Bali, dan Banten.

"Selain efektif mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, alat kontrasepsi juga penting digunakan untuk mencegah penyebaran infeksi menular seksual (IMS). Oleh karena itu, tim HonestDocs selalu memberikan pemaparan yang jelas dan akurat tentang kesehatan reproduksi dan metode kontrasepsi melalui website yang telah didukung oleh tenaga medis.

Harapannya, kami dapat meningkatkan pengetahuan umum masyarakat, terutama anak muda yang aktif secara seksual,” kata mereka.

HonestDocs merupakan platform kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan menyediakan konten medis terpercaya, tanya jawab dengan dokter secara online, hingga layanan penjemputan dan pengiriman obat-obatan ke seluruh Indonesia. Didirikan pada 2017, kini platform HonestDocs telah melayani lebih dari 20 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya