14 Startup Korea Selatan Siap Masuk ke Indonesia

Ilustrasi startup.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Sebuah Distrik di Seoul, Korea Selatan, Guro mendatangkan startup lokal ke Indonesia pada acara Forum Startup Korea 2019. Guro sendiri merupakan wilayah untuk industri teknologi tinggi, yang memiliki fokus pada industri ventura, TI dan pengetahuan.

Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini

Sebanyak 14 startup lokal diboyong ke Jakarta dalam acara tersebut. Wakil Wali Kota Guro, Hoi Seung Lee mengatakan, perusahaan yang datang membawa sejumlah produk inovatif mereka.

"Ini merupakan kesempatan baik bagi perusahaan inovatif dari Korea, dan pembeli dari Indonesia," ujar Lee di Jakarta, Rabu 16 Oktober 2019.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Startup yang hadir dari sejumlah bidang seperti kecantikan, perawatan kesehatan, edutech, fintech, dan artificial inteligence.

Salah satunya startup di bidang edutech yaitu Ubion Co LTD, yang merupakan perusahaan e-learning. Chief Executive Officer Ubion, Scott Yoo mengatakan, perusahaannya sudah berusia hampir 20 tahun, saat e-learning baru berjalan saat itu.

Heboh Daud Kim Beli Tanah Untuk Bangun Masjid, Ternyata Hanya Untuk Konten?

Perusahaan itu menawarkan solusi belajar untuk mahasiswa, serta pelatihan di perusahaan. Dia menjelaskan, jika e-learning di Korea Selatan sudah digunakan secara umum.

Yoo juga mengatakan jika pihaknya ingin platformnya ada di Indonesia. Ubion dikatakan segera menandatangani kerja sama dengan Universitas Terbuka.

"Pendidikan sangat bersifat lokal. Walaupun kami sudah punya sistem di Korea, tapi akan berbeda dengan di Indonesia. Itulah mengapa, kami ingin menemukan mitra yang hebat untuk bekerja dengan kami," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya