Sering Delay dan Batal, Penetrasi Asuransi Perjalanan di RI 1,1 Persen

Fitur Klaim Instan PasarPolis.
Sumber :
  • Dok. PasarPolis

VIVA – Tahukah kamu jika asuransi perjalanan sejatinya berperan penting dalam meminimalisir risiko kerugian waktu dan finansial yang tak terduga. Delay maupun pembatalan perjalanan kerap terjadi di Indonesia namun tetap saja penetrasi asuransi perjalanan di tanah air masih terbilang rendah, hanya 1,1 persen.

Kecelakaan Mobil Akibat Penumpang Berlebih seperti Gran Max di Km 58 Bisa Ditanggung Asuransi?

Riset menunjukkan jika banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya keinginan orang untuk membeli asuransi perjalanan. Selain karena proses klaim yang berbelit-belit, biaya yang cukup tinggi, sampai proses pendaftaran yang memakan waktu.

Era digital memberikan keuntungan bagi hajat hidup orang banyak, termasuk mempermudah pembelian asuransi perjalanan. Salah satunya yang dilakukan Cleosant Randing, founder dan CEO dari PasarPolis.

BRI Insurance Capai Premi Bruto Tertinggi Selama Ramadan

PasarPolis merupakan salah satu pionir dan pemain terbesar di bisnis startup insurtech (teknologi asuransi). Teknologi yang mereka adopsi diklaim akan memudahkan masyarakat untuk melakukan pendaftaran sampai klaim asuransi.

“Ada fitur klaim instan, notifikasi langsung kepada pemegang polis, dan proses pencairan yang hanya memakan waktu beberapa menit. Ketika terjadi delay maupun cancellation, PasarPolis otomatis akan mengirimkan notifikasi instan melalui SMS dan WhatsApp agar pemegang polis dapat melakukan klaim. Setelah itu, pemegang polis hanya perlu memasukkan nomor HP, nomor polis, dan rekening bank, lalu dana akan masuk ke rekening dalam 1 x 24 jam,” ujar Cleosant, di Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.

Inklusi Asuransi RI Masih Tumbuh Rendah, MSIG Life Gandeng Bank Sinarmas Bidik Usia Produktif

Dikatakannya, asuransi perjalanan di perusahaan asuransi konvensional mewajibkan pemegang polis untuk mengirimkan dokumen-dokumen, seperti fotokopi identitas diri, tiket asli penerbangan, hingga surat pernyataan resmi dari maskapai penerbangan. Beberapa perusahaan juga hanya menerima proses klaim secara offline, yaitu mendatangi langsung kantor cabang terdekat.

“Dengan menggunakan teknologi dalam setiap proses pencairan asuransi, kami bisa menghadirkan asuransi yang mudah dibeli, memiliki harga terjangkau (belasan ribu saja), waktu klaim yang sangat pendek, dan proses klaim yang sangat mudah,” kata Cleosent.

Baru-baru ini, PasarPolis meresmikan kolaborasi dengan Pegipegi untuk menghadirkan layanan Pegipegi Travel Protection bagi para pelanggan. Asuransi perjalanan ini melindungi penumpang dari segala kejadian tidak terduga, yang meliputi ganti rugi keterlambatan hingga Rp3 juta, santunan kecelakaan hingga Rp100 juta, refund pembatalan penerbangan hingga Rp10 juta, dan ganti rugi kehilangan penerbangan lanjutan hingga Rp5 juta. 

Cara mengaktifkan asuransi ini sangat mudah: penumpang hanya perlu mengaktifkan tombol Asuransi pada saat pembelian tiket pesawat di Pegipegi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya