New Normal Saat Corona, Belanja Lewat Aplikasi Mobile Jadi Terbiasa

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • Paymill

VIVA – Pada era new normal atau kenormalan baru akibat pandemi Virus Corona COVID-19 banyak bermunculan lini bisnis yang mengusung kemudahan belanja kebutuhan harian seperti buah dan sayur mayur secara online atau daring.

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Namun sayangnya, ekspektasi pengalaman berbelanja yang diharapkan dirasakan kurang puas bagi konsumen yang sudah mulai terbiasa belanja kebutuhan sehari-hari secara online. Marketing Manager Freshco, Fauzi Rahman, mengatakan beragam kendala terkadang dialami pengguna saat berbelanja daring.

"Misalnya saja minimum purchase sampai pengaturan jadwal kirim yang disesuaikan dengan waktu panen. Hal ini membuat konsumen berpikir ulang untuk melakukan pemesanan atau order," kata dia, Minggu, 7 Juni 2020.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Fauzi menjelaskan, Freshco hadir sebagai jawaban atas permasalahan yang muncul bagi penikmat belanja kebutuhan rumah tangga secara online. Itu sebabnya, pengguna aplikasi mobile ini dapat lebih menghemat waktu dalam memenuhi kebutuhan buah dan sayur.

"Pengguna Freshco tak perlu keluar rumah untuk melakukan pemesanan buah dan sayuran di era new normal," tegasnya. Menurutnya, Freshco menawarkan tujuh solusi ideal untuk membeli buah dan sayur secara online.

Menciptakan Produk Berkelanjutan Bukan soal Ramah Lingkungan Saja

Pertama, tidak perlu pre-order. "Mulai dari sistem pola panen dari petani hingga gudang penyimpanan berpendingin dan distribusi produk yang tepat. Jadi kualitas kesegaran terjaga dengan baik. Dengan supply chain management yang baik maka ketersediaan produk segar tersedia kapan saja sesuai dengan musim buah dan sayur," paparnya.

Kedua, tidak ada minimum pembelian. "Belanja di Freshco pasti dikirim walaupun belanja satu jenis produk,” klaim Fauzi. Ketiga, gratis ongkos kirim. Ia menyebut fitur ini menjadi poin penting saat konsumen akan mengambil keputusan untuk melakukan transaksi di sebuah platform digital.

"Kami juga menerapkan promo bebas ongkir bagi konsumen yang berbelanja di platform Blibli dan JD.ID. Tentunya dengan syarat dan ketentuan," ungkap dia. Keempat dan kelima, yaitu harga murah serta pengiriman dalam 24 jam.

Fauzi menuturkan, produk buah dan sayur yang dijual secara online akan dikirimkan ke konsumen tidak lebih dari 24 jam terhitung dari konsumen melakukan pemesanan atau order.

"Contohnya, pelanggan order pukul 10.00 WIB, maka barang yang dibeli akan sampai pada pukul 17.00 WIB,” jelasnya. Keenam, produk buah dan sayur bervariatif serta terakhir atau ketujuh, layanan Freshco tersebar di 3 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya