Meski Kena PHK, Gojek Tetap 'Memanusiakan' Karyawannya

Program Gojek Wirausaha.
Sumber :

VIVA – Co-CEO Gojek Andre Soelisyto menegaskan 430 karyawannya yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) akan mendapat benefit termasuk pesangon di atas standard yang ditetapkan pemerintah.

GoTo Rugi Rp 90 Triliun pada 2023, Manajemen Ungkap Penyebabnya

Informasi saja, pembayaran hak-hak karyawan yang terkena PHK mengacu kepada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Berikut dukungan perusahaan bagi karyawan yang terdampak PHK:

Pesangon

Soal Rencana Buyback Saham, Dirut Goto Kedepankan Prinsip Kehati-hatian

Keberlangsungan finansial menjadi perhatian terbesar saat ini. Karyawan yang terdampak akan menerima pesangon, di mana Gojek menetapkan minimum gaji 4 pekan, dengan tambahan 4 pekan gaji untuk setiap tahun lamanya bekerja.

Pembayaran gaji selama periode pemberitahuan

Goto Dapat Komisi dari TikTok Shop-Tokopedia per 1 Februari 2024

Andre mengaku tidak mewajibkan karyawan yang terdampak untuk bekerja saat sudah memasuki periode pemberitahuan, supaya karyawan dapat fokus memikirkan mengenai rencana mereka di masa mendatang.

"Namun, kami tetap akan membayar gaji mereka secara penuh," papar dia, Selasa, 23 Juni 2020.

Equity arrangement

Masa tunggu (annual cliff) bagi karyawan yang memiliki hak kepemilikan saham akan dihapus, sehingga karyawan yang meninggalkan Gojek dapat memiliki saham di perusahaan yang telah mereka bangun.

Pembayaran cuti tahunan dan hak lainnya

Andre mengatakan tetap membayarkan cuti tahunan yang tidak digunakan, selain juga hak-hak lainnya termasuk cuti melahirkan.

Perpanjangan asuransi kesehatan

Di tengah krisis kesehatan global seperti sekarang, Andre juga ingin memastikan bahwa kebutuhan terkait kesehatan karyawan yang terdampak tetap dapat terpenuhi.

"Kami akan memperpanjang skema asuransi kesehatan bagi karyawan yang terdampak dan juga bagi keluarga mereka, hingga tanggal 31 Desember 2020," ungkapnya.

Perlengkapan

Karyawan dapat tetap memiliki laptop mereka untuk membantu mencari peluang lain.

Perpanjangan program bantuan karyawan

Gojek mengaku sangat memperhatikan kondisi emosional dan psikologis karyawan yang terdampak PHK.

"Oleh karena itu, kami memperpanjang masa dukungan kami, mencakup program layanan kesehatan mental, finansial, dan konsultasi lainnya selama tiga bulan ke depan," jelas Andre.

Program outplacement

Artinya, Gojek memberikan program ini untuk membantu setiap orang untuk mencari pekerjaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya