Jangan Mimpi Bisa Bertahan Jika Gak Berinovasi

Ilustrasi startup.
Sumber :
  • TNW

VIVA – Perkembangan teknologi digital di Indonesia semakin menunjukkan peran yang sangat penting dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu contoh, bertambahnya jumlah perusahaan rintisan atau startup berstatus unicorn atau memiliki valuasi di atas US$1 miliar (Rp14,2 triliun).

Terenyuh! Tamara Tyasmara Tetap Beliin Baju Lebaran Hingga Sajadah Buat Dante: Siapa Tahu Dia Dateng

Ekspektasi masyarakat terhadap suatu produk dan layanan pun menjadi meningkat. Perusahaan kini dituntut untuk memenuhi perubahan tersebut. Disrupsi yang hadir pada berbagai sektor industri akibat kemajuan teknologi yang pesat secara tidak langsung telah mengubah peta persaingan bisnis di Indonesia.

Inovasi menjadi kunci penting bagi perusahaan agar dapat bersaing memenangkan hati masyarakat. Namun, ada tantangan lain yang harus dihadapi. Dampak pandemi Virus Corona COVID-19 membuat masyarakat mengubah pola aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Didatangi Olga Dalam Mimpi, Begini Cerita Billy Syahputra

Segala aspek

Berangkat dari anomali tektonik ini tentunya berdampak bagi semua pebisnis. Tapi tidak bagi Escape Now Coffee yang tetap bertahan dengan berbagai inovasi baru. Dengan menerapkan protokol kesehatan di kedai kopi saat era kenormalan baru atau new normal ini, langkah pertama yang dilakukan tentunya rejuvinate dari segala aspek.

Ruben Onsu Didatangi Olga dan Jupe Lewat Mimpi Saat Dirawat di ICU: Mereka Nyuruh Saya Pulang

Menurut Kepala Eksekutif Escape Now Coffee, Anggi Jihan, aspek terpenting pastinya dari sisi produk. Ia mengatakan, selain minuman kopi yang menjadi andalan, makanan pun disajikan dengan kualitas baik.

Aspek lainnya adalah memberikan imbauan untuk mencuci tangan, melakukan pengukuran suhu tubuh, dan menggunakan masker pada setiap pengunjung maupun karyawan Escape Now Coffee.

Secangkir kopi.

"Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, kami juga menyediakan hand sanitizer, medical check-up untuk karyawan hingga dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala,” kata Anggi, Sabtu, 4 Juli 2020.

Selain terus mengembangkan kedai, Escape Now Coffee juga berinovasi dengan meluncurkan produk baru, yaitu Kopi Gan! yang berbentuk cup dan botol literan.

Soal disinfektan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI menyebut sejumlah produk rumah tangga bisa digunakan untuk memerangi COVID-19. Dari sejumlah daftar nama produk bahan rumah tangga, ada Aquatabs Multipurpose yang memiliki bahan aktif Sodium dischloroisocyanurate dan bisa langsung digunakan.

Spray hingga liquid

Selain itu Bayclin Lemon dan Bayclon Regular memiliki bahan aktif Sodium hypochlorite 5,25 persen. Keduanya harus diencerkan dengan perbandingan 20 ml per 1 liter air.

Dettol All in One Disinfectan Spray juga bisa digunakan tanpa harus diencerkan lagi. Namun, untuk Dettol Antiseptic Liquid, Dettol Pembersih Lantai Citrus, dan Dettol Pembersih Multiaction 4 in 1 bisa digunakan namun harus diencerkan terlebih dahulu.

Dalam daftar terdapat SOS Pembersih lantai Antibacterial yang dicampirkan 50 ml dalam 1 liter air. Adapula 40 ml wipol pembersih lantai sereh dan jeruk pada 1 liter air untuk diencerkan, lalu bisa digunakan untuk disinfektan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya