Tips Memilih Jasa Web Hosting untuk UMKM

Ilustrasi ruang server
Ilustrasi ruang server
Sumber :
  • portcityds.com

VIVA – Adanya pandemi membuat banyak orang harus kehilangan pekerjaan. Untuk bisa menyambung hidup, tidak sedikit yang akhirnya membuka usaha kecil-kecilan layaknya UMKM.

Agar usaha mereka bisa berjalan lancar, Kementerian Koperasi dan UKM menyarankan untuk memanfaatkan teknologi daring. Dari 8 juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang ada di Indonesia saat ini, sudah 13 persen yang menjajakan produk secara online.

Hal itu berdampak pada munculnya ratusan website baru setiap hari. Efeknya, jumlah pengguna jasa web hosting jadi meningkat drastis.

Pemilik penyedia jasa web hosting Rackrock.co.id, Eko Danang Waskito mengatakan bahwa ada sisi negatif yang muncul dari peningkatan tersebut.

Baca juga: Review Mi TV Stick: Nyaris Sempurna

“Bisa jadi muncul banyak penyedia jasa web hosting yang hanya ikut-ikutan tren. Jadi, belum terbukti kualitasnya. Ketika sudah dicoba, ternyata website milik UKM tersebut malah kena retas atau server-nya sering down,” ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu 4 Oktober 2020.

Oleh sebab itu, Danang menyarankan UMKM untuk mencari web hosting yang membuka layanan 24 jam, termasuk hari libur. Jadi sewaktu-waktu website bermasalah, maka tim dari penyedia jasa tersebut bisa langsung membantu.