Tips Memasarkan Usaha UMKM Secara Online

Belanja kebutuhan pokok, buah san sayur online.
Sumber :

VIVA – Pandemi memaksa banyak warga Indonesia untuk beralih menjadi wiraswasta. Mereka mulai merintis bisnis kecil-kecilan ala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM.

Jenis usaha yang dilakoni bermacam-macam, mulai dari berjualan barang keperluan sehari-hari, hingga makanan beku maupun yang siap santap.

Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar Transisi, membuat semua kegiatan harus dilakukan secara online. Lantas, bagaimana cara pemasarannya?

Diikuti Persija dan PSM, ASEAN Club Championship Mulai Bergulir 17 Juli 2024

Dilansir dari laman Shopee, Selasa 17 November 2020, setidaknya ada empat trik pemasaran yang wajib diketahui agar usaha yang dirintis bisa sukses.

Pertama, manfaatkan media sosial semaksimal mungkin. Berdasarkan survei dari GlobalWebIndex, hampir setengah dari total responden mengaku bahwa mereka lebih banyak menghabiskan waktu di media sosial selama masa pandemi.

UMKM Indonesia Bisa dengan Mudah Dapatkan Sertifikasi Produk Halal

Manfaatkan semua media sosial yang ada, seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, hingga Instagram. Jangan lupa tambahkan daftar menu, harga serta promo-promo menarik. 

Langkah kedua, daftarkan bisnismu di aplikasi pesan makanan atau ecommerce, agar konsumen mudah menemukannya. Beberapa aplikasi menyediakan kolom ulasan, yang sangat bermanfaat bagi calon konsumen.

Jangan ragu untuk menggelar promo dan diskon. Banyak perusahaan besar yang masih melakukan cara klasik tersebut, misalnya diskon atau potongan harga, gratis ongkir, hingga promo spesial tanggal cantik.

Terakhir, pastikan membagikan ulasan pelanggan untuk menarik calon konsumen. Sudah menjadi kebiasaan pembeli, untuk melihat terlebih dahulu apakah toko yang dituju bisa dipercaya.

Sebagai informasi, Shopee dan Bank Sinarmas kembali mengadakan pelatihan UMKM Go Online pada Selasa, 20 Oktober 2020 via Zoom dan live streaming di kanal YouTube Bank Sinarmas. Pesertanya dari nasabah maupun non nasabah Bank Sinarmas di wilayah Jawa Timur.

“Selain mengadakan pelatihan untuk edukasi, Bank Sinarmas juga menyediakan kemudahan bagi para pelaku UMKM dengan menggunakan aplikasi mobile banking SimobiPlus,” ujar Enterprise and Retail Banking Director Bank Sinarmas, Johnny Mailoa.

Tim Kampus Shopee akan memberikan panduan dalam mengelola bisnis online kepada pelaku UMKM, serta mengawal sesi diskusi dan tanya jawab.

“Tim terdedikasi kami akan memberikan pelatihan yang dapat membantu pelaku UMKM, untuk mengembangkan bisnis ke ranah online melalui Shopee sebagai salah satu cara bertahan di kondisi pandemi saat ini,” tutur Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya