Logo WARTAEKONOMI

Tips Membangun Startup dari Drakor

Film drakor Startup. (FOTO: Instagram/startup_tvndrama)
Film drakor Startup. (FOTO: Instagram/startup_tvndrama)
Sumber :
  • wartaekonomi

Drama Korea Selatan (drakor) Startup (2020) sudah rampung. Episode terakhirnya telah mengudara pada Minggu (6/12/2020) malam. Bukan cuma sekadar membahas percintaan, drakor Startup juga banyak mengandung tips-tips untuk Anda yang tertarik membangun perusahaan rintisan.

Asal tahu saja, Startup menyajikan kisah pengusaha muda yang berupaya merintis perusahaan yang mengandalkan teknologi, dari titik awal hingga akhirnya berhasil mengembangkan startup-nya menjadi unicorn--perusahaan rintisan bernilai lebih dari 1 miliar dolar AS (sekitar Rp14 miliar).

Dari jalan cerita drakor Startup, ada sejumlah tips bisnis dalam membangun startup. Apa saja ya?

Siapkan Model Bisnis

Secanggih apapun layanan berbasis teknologi startup Anda, jika belum memilik model bisnis, maka akan sulit menarik investor. Apalagi bila Anda betul-betul memulai dari nol dan tanpa relasi. Tak hanya itu, model bisnisnya pun harus memiliki sumber pendapatan yang jelas.

Pilih CEO yang Kompeten

CEO berperan penting dalam pengembangan startup, khususnya saat mau menarik investasi--begitulah pelajaran yang ada dalam drama Startup. Karena CEO-lah yang akan melakukan penjajakan kesepakatan investasi dengan para calon penanam modal.