Marketplace yang Bisa Cegah Korupsi Ini Mulai Banyak DIlirik

Ilustrasi keranjang belanja di e-commerce.
Sumber :
  • acf.ua

VIVA – Belum lama ini, Pemprov Jabar mendapat Apresiasi Praktik Baik dalam Aksi Pencegahan Korupsi. Hal itu bisa terwujud, salah satunya karena menggunakan platform perdagangan elektronik untuk keperluan pengadaan barang dan jasa.

Pensiunan Jenderal Bintang 4 Berinisial B Terseret Kasus Korupsi Rp271 T, Siapa Dia?

Sistem yang digunakan adalah Mbizmarket.co.id, yang juga dipakai oleh Pemprov Jawa Timur. Seluruh transaksi antara pembeli dan penjual dilakukan dan dicatat secara online, sehingga Penyelenggara Sistem Elektronik Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SPSE) dapat mengamati dan melakukan audit transaksi setiap saat.

Kini, platform yang sama akan segera diterapkan juga oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Kesepakatan ini merupakan terobosan  dan inovasi Pemkab Tabalong, untuk membuat mekanisme pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah kabupaten menjadi lebih baik, transparan serta akuntabel.

2 Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, Kejagung Juga Usut soal Jet Pribadi

Menurut Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Tabalong, Subhan, sistem belanja online akan dimulai pada April 2021.

Sementara, waktu di awal tahun depan akan difokuskan untuk pelatihan seluruh staf terkait proses belanja daring ini, dilanjutkan dengan pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah sebagai penyedia barang.

Survei LSI: Mayoritas Rakyat Percaya Kejagung Bakal Usut Tuntas Kasus Korupsi Rp 271 T

“Terkait pemanfaatan platform Mbizmarket.co.id di lingkungan pemerintah Kabupaten Tabalong, kami tidak akan mengenakan biaya penggunaan platform e-marketplace,” ujar Chief Executive Officer Mbiz, Rizal Paramarta melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 17 Desember 2020.

Sebagai informasi, Kabupaten Tabalong menjadi pionir di Kalimantan, karena merupakan kabupaten pertama di lingkungan pemerintah di Kalimantan yang menerapkan belanja daring di platform e-commerce B2B untuk pengadaan barang dan jasa.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri

Keluarga SYL Terungkap Ikut Nikmati Uang Korupsi di Kementan, KPK Bilang Begini

Keluarga mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam persidangan terungkap ikut menikmati uang korupsi di Kementan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024