Sisi Lain Ecommerce yang Bisa Diamankan dengan IoT

Ilustrasi truk logistik pengiriman barang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Banyak cara yang bisa dilakukan, untuk meningkatkan keamanan di jalan raya. Mulai dari menghadirkan produk kendaraan yang dirancang supaya lebih stabil, hingga memasang berbagai peranti elektronik berteknologi Internet of Things atau IoT.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Teknologi ini juga bisa membantu mewujudkan jalanan yang lebih aman. Adanya informasi detail yang bisa dipantau setiap saat, membuat teknologi ini ideal untuk disematkan pada kendaraan logistik.

Seperti layanan enterprise-ready platform untuk pemantauan operator armada GPS dan manajemen tenaga kerja, yang disediakan oleh Lacak.io. Perusahaan startup yang berdiri sejak 2016 ini berfokus pada IoT untuk membantu bisnis mencapai pertumbuhan profitabilitas, dengan mengedepankan keamanan dan efisiensi.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

“eCommerce di Indonesia menjadi salah satu sektor yang justru mengalami pertumbuhan pesat, yang mengakibatkan meningkatnya kebutuhan pengiriman jarak jauh. Di sinilah Lacak.io berkembang sebagai platform IoT untuk perusahaan, menawarkan manajemen armada dan solusi pelacakan," ujar pendiri dan CEO Lacak.io, Fariz Iskandar di Jakarta, Rabu 17 Februari 2021.

Fariz menjelaskan, salah satu tantangan yang dihadapi perusahaan logistik adalah identitas dari sopir yang membawa truk mereka. Adanya fitur seperti iButton dan DSM hadir untuk membantu mengidentifikasi, memverifikasi pengemudi, sekaligus mengaktifkan proses pemantauan jarak jauh selama perjalanan.

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

Ada juga fitur ADAS, yang bisa memberikan peringatan dini atas kemungkinan potensi tabrakan. Lacak.io juga dilengkapi dengan fitur axle load solution, untuk memantau kapasitas beban.

Pengontrolan mesin dari jarak jauh juga dapat dilakukan dengan fitur Immobilizer, sehingga saat terjadi gangguan, pemilik dapat menghentikan kendaraan dalam keadaan darurat.

Analisis Pengaruh Tentang COVID-19 Terhadap Harga Saham

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Saham merupakan salah satu opsi investasi yang diminati di Indonesia, khususnya saham blue chip. Saham ini menjadi incaran banyak orang karena bisa untuk jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024