Platform Ini Bikin Pedagang Kecil Gampang Jualan ke Luar Negeri

Ilustrasi UMKM.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Jumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia mencapai 64 juta. Namun sayangnya baru 13 persen atau sekitar 8 hingga 10 juta yang migrasi ke digital atau go digital.

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Adapun tahun ini ditargetkan tambahan 6 juta UMKM didorong untuk go digital. Dengan begitu, total UMKM yang sudah naik kelas mencapai 16 juta pada akhir 2021. UMKM merupakan tulang punggung karena berkontribusi hingga 60 persen ke ekonomi nasional.

Sejalan dengan program pemerintah soal pengembangan UMKM, platform digital Goorita memberikan solusi dan kemudahan bagi pelaku di sektor ini untuk merambah pasar internasional alias go international.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

"Kami siap menjembatani permasalahan yang sering dihadapi para UMKM dalam melakukan ekspor produk lokal ke mancanegara. Mulai dari proses pemasaran hingga pengiriman barang ke luar negeri lewat tiga layanan yaitu, marketplace, fullfillment, dan logistics,” kata Pendiri Goorita, Yuwono Wicaksono, Rabu, 24 Februari 2021.

Ia melihat produk Indonesia memiliki peluang dan pasar yang potensial di pasar global, khususnya Amerika dan Eropa. Selain itu, minimnya pemahaman ekspor menjadi kendala sebagian besar pelaku UMKM di Tanah Air untuk memasarkan produk ke pasar global.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Untuk marketplace, Yuwono mengatakan platformnya terkoneksi dengan beberapa marketplace internasional, seperti eBay dan Amazon, sehingga memudahkan UMKM dalam memasarkan dan mengelola toko online mereka.

Mulai dari pembuatan toko online, listing produk, manajemen stok, proses pesanan, pengiriman barang, monitoring pengiriman hingga pembayaran. "Semuanya dapat dilakukan melalui platform kita," jelas dia.

Selanjutnya layanan fullfillment ditujukan untuk membantu pelaku UMKM yang sudah memiliki toko dan pembeli dari luar negeri dengan cara memudahkan proses operasional dan logistik yang umumnya sangat menyita waktu dan tenaga.

"Mulai dari penyimpanan produk di gudang, manajemen stok barang, proses pesanan dari marketplace terintegrasi, packing hingga pengiriman sampai ke tangan pembeli semua dilakukan oleh Goorita melalui layanan ini," tuturnya.

Terakhir layanan logistics. Yuwono menambahkan jika platformnya sudah bekerja sama dengan perusahaan logistik internasional dan domestik dalam pengiriman barang.

Dengan begitu, UMKM dapat mengirimkan barang dengan tarif pengiriman internasional yang bersahabat, sehingga harga jual produk lokal di luar negeri semakin kompetitif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya