5 Bisnis Ini Cetak Cuan Selama Pandemi COVID-19

Tokopedia Care di Hari Pelanggan Nasional.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pandemi COVID-19 mendorong kemunculan lebih banyak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, termasuk di platform e-commerce. Berdasarkan data Tokopedia, ada peningkatan jumlah penjual dari yang semula 7,2 juta pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta saat ini.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, berkomitmen mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.

Baca: Mudah-mudahan Perkawinan Gojek dan Tokopedia Nyata, Bukan Angin Surga

3 Rekomendasi HP Samsung Terbaik Harga Dibawah Rp 5 Juta, Bisa Buat Hadiah Lebaran

"Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi COVID-19, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting," kata dia, Sabtu, 6 Maret 2021. Ekhel membagikan beberapa temuan menarik terkait tren penjualan produk yang dapat menjadi inspirasi bisnis bagi masyarakat.

Makanan dan Minuman

Lebaran Makin Dekat, Yuk Intip Rekomendasi Gamis Lebaran 2024

Kategori F&B menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir tahun lalu dengan peningkatan transaksi lebih dari 3 kali lipat. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik, dan beras.

“Berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Melihat adanya peningkatan penjualan makanan siap masak di Tokopedia menjadi lebih dari 3,5 kali lipat di akhir tahun 2020,” tutur Ekhel.

Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Pandemi COVID-19 mendorong terciptanya tren dan peluang baru, termasuk di bidang kecantikan dan perawatan tubuh. Tokopedia mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan mencapai hampir 2 kali lipat menjelang akhir tahun lalu.

Gentle Hour, salah satu pegiat usaha lokal di kategori Kecantikan Tokopedia yang memulai bisnisnya di tengah pandemi, turut mencatat kenaikan transaksi hingga 13 kali lipat dan berhasil menjangkau pelanggan bahkan hingga ke Papua.

Tanaman dan Alat Berkebun

Berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat sepanjang pandemi. Adanya kenaikan transaksi lebih dari 4 kali lipat pada sub kategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019 di Tokopedia, dapat menjadi inspirasi usaha di tahun ini.

Produk Olahraga

Menjual beragam produk yang mendukung hobi olahraga populer juga dapat dipertimbangkan menjadi ide usaha. "Beberapa olahraga yang digemari selama 2020 berdasarkan pembelian di Tokopedia yaitu bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal," jelas Ekhel.

Alat Lukis

Melukis menjadi salah satu hobi yang digemari masyarakat, contohnya aktivitas paint by numbers, ketika pandemi COVID-19. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah penjualan produk-produk seperti perlengkapan melukis pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir 2 kali lipat selama 2020. “Ini juga bisa jadi peluang usaha,” paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya