Lidah Tetap Bergoyang Tanpa Micin

MSG atau micin.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Monosodium glutamate (MSG), lebih sering dikenal sebagai micin oleh banyak masyarakat Indonesia, merupakan penyedap rasa instan untuk menambah rasa sedap pada masakan. Penggunaan MSG menjadi pro dan kontra.

TVXQ Otw ke Indonesia Hari ini! Siap Berikan Penampilan Spesial ke Cassiopeia di 20 April Mendatang

Mengutip situs National Geographic, kontroversi ini mulai terangkat pada 1960-an, di mana ketika itu sejumlah orang mulai mengeluhkan sakit kepala, mual, mati rasa yang menjalar dari belakang leher hingga ke seluruh lengan dan punggung, dada sesak, keringat deras, jantung berdebar, dan tubuh lemas setelah makan makanan mengandung MSG.

Sementara itu, Food and Drug Administration (FDA) telah mengklasifikasikan MSG sebagai bahan makanan yang aman tetapi penggunaannya tetap kontroversial, seperti dilansir dari Mayo Clinic. Oleh karenanya, ketika sebuah industri makanan menggunakan micin dalam produknya, FDA mengharuskan untuk dicantumkan pada label.

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Salah satu usaha kuliner yang tidak memakai MSG atau micin adalah restoran khas Korea Selatan bernama KrispiCikin. Mengusung tagline #NoMicinEatKrispiCikin, maka seluruh menu yang ditawarkan aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orangtua.

Selain menggunakan bahan baku premium, seluruh menu KrispiCikin diolah tanpa menggunakan micin. "Salah satu yang membedakan kami dengan kompetitor adalah kami punya branding yang bagus dengan konsep fast food serta pelayanan baik," kata Pemilik KrispiCikin, Kartika Indah, Selasa, 16 Maret 2021.

Tinggal 3 Hari Lagi! Intip Peraturan dan Ketentuan Acara Untuk Konser TVXQ di Indonesia

Pengaruh budaya Korea Selatan atau Korean Wave di Tanah Air semakin tumbuh pesat dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan. Tak bisa dipungkiri, selain K-pop dan K-drama yang membuat banyak orang jatuh hati, olahan kulinernya pun dikenal di seluruh dunia.

Berangkat dari hal tersebut, KrispiCikin meresmikan restoran pertamanya yang berlokasi di SPBU bp kawasan Boulevard Bintaro Sektor 9 Tangerang, Banten. Adapun pilihan menunya antara lain Cikin Wings & Cikin Drumsticks (sayap dan paha bawah ayam krispi dengan bumbu khas) dan Rabboki (perpaduan Tteok dengan Ramen berkuah gurih pedas manis).

Selanjutnya, Cikin Beogeo (hamburger dengan isian chicken fillet yang disajikan dengan bumbu rahasia) serta Cikin Skewer (sate ayam tender juicy dengan saus beragam). "Tak hanya SPBU bp Bintaro, kami menargetkan 10 restoran KrispiCikin akan hadir di SPBU bp lainnya pada tahun ini," ungkap Kartika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya