Kompak Tindak Tegas Penjual Obat COVID-19 Nakal

Ilustrasi obat COVID-19.
Sumber :
  • Health Europa

VIVA – E-commerce Tokopedia dan Shopee satu suara menindak tegas seller atau penjual obat COVID-19 nakal. Hal ini sejalan dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.1.7/Menkes/4826 Tahun 2021 Tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) 11 jenis obat COVID-19.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Pendiri dan Kepala Eksekutif Tokopedia William Tanuwijaya menyebut sejak lama sudah menetapkan kebijakan pengendalian harga dan menindak tegas penjual yang memasang harga produk di luar kewajaran.

"Kami pun terus mengimbau penjual untuk bersama menjaga harga, dan kepada masyarakat untuk tidak melakukan upaya penimbunan,” kata dia, Selasa, 6 Juli 2021. Sejak awal pandemi, Tokopedia memastikan seluruh masyarakat Indonesia memiliki akses merata terhadap produk kesehatan.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

William mengaku telah menutup permanen toko-toko dan melarang tayang produk yang terbukti melanggar sejak tahun lalu. Ia juga sangat mengapresiasi upaya pemerintah dalam menetapkan batas harga atas obat COVID-19, sehingga mempermudah penegakan kebijakan yang merata.

"Upaya ini juga akan semakin mempermudah masyarakat menjangkau produk-produk kesehatan," paparnya. Jika ada penjual yang terbukti melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku, Tokopedia akan menindak tegas dengan melakukan pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten hingga banned toko atau akun.

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik untuk Ibu Hamil, Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter Kandungan

Sementara Shopee mengaku memiliki tim internal yang didedikasikan untuk memantau dan melakukan moderasi terhadap produk yang dijual dalam aplikasi agar sesuai dengan regulasi yang sudah ada.

Jika terdapat akun yang menjual produk-produk yang tidak memiliki izin, berbahaya, dilarang untuk diperjual belikan secara bebas, atau dijual di atas HET, tim internal Shopee akan mengambil langkah yang tegas.

“Kami akan sangat menghargai jika para penjual obat-obatan terkait ikut mengambil bagian dalam percepatan pemulihan kesehatan masyarakat dengan mengikuti harga yang sudah ditetapkan pemerintah," jelas Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya