Rumah Oksigen Karya GoTo dan KADIN Jadi Perhatian Menko Luhut

Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong.
Sumber :
  • Antara

VIVA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan bersama Kamar Dagang dan Industri atau KADIN mengapresiasi langkah dunia usaha dalam membantu penanganan pandemi COVID-19 melalui inisiatif Rumah Oksigen Gotong Royong.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia, yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala sedang.

"Ini adalah salah satu contoh yang baik dari peran aktif swasta dalam membantu penanganan COVID-19 demi rakyat. Kita perlu bersama-sama dalam menghadapi COVID-19, ini tantangan kita bersama," kata Menko Luhut.

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari

Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan bahwa Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan salah satu upaya dunia usaha dalam mendukung penanganan COVID-19.

"Kami melihat hal yang mendesak di tengah pandemi saat ini adalah kebutuhan oksigen bagi warga terpapar COVID-19, karena itu 'Rumah Oksigen Gotong Royong' didirikan untuk memberikan suatu solusi dari permasalahan krisis oksigen yang kita alami saat ini," tuturnya.

Pencarian Perawatan Kesehatan Global, Memahami Perspektif dan Tren Masyarakat Indonesia

Arsjad menambahkan, Rumah Oksigen merupakan salah satu upaya dan komitmen KADIN Indonesia dalam memerangi pandemi COVID-19, selain juga upaya percepatan pelaksanaan Program Vaksinasi Gotong Royong.

"KADIN Indonesia berterima kasih atas dukungan seluruh pihak terhadap 'Rumah Oksigen Gotong Royong" di Pulogadung ini," kata Arsjad.

CEO GoTo, Andre Soelistyo mengungkapkan bahwa krisis oksigen yang dialami Indonesia disebabkan distribusi yang terkendala jarak dan waktu serta keterbatasan sarana dan prasarana.

Rumah Oksigen Gotong Royong dicetuskan untuk meminimalisir hambatan tersebut, dengan menghadirkan fasilitas semi-permanen yang memungkinkan penderita COVID-19 kategori 2 mendapatkan akses mudah kepada suplai oksigen, tempat tidur perawatan sekaligus kepada fasilitas ke berbagai rumah sakit terdekat.

“Inisiatif ini juga terinspirasi dari arahan serta semangat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perindustrian dalam penanganan pandemi, agar kita senantiasa mencari solusi efektif dalam membantu masyarakat yang terpapar COVID-19,” jelas Andre.

"Perumusan konsep dan pengerjaan “Rumah Oksigen Gotong Royong” bersama dengan anggota KADIN Indonesia dilakukan dalam waktu cepat dan diharapkan dapat meringankan beban pemerintah dan masyarakat dalam penanganan pandemi,” kata Komisaris GoTo, Garibaldi Thohir menambahkan.

Sebagai proyek pertama, Rumah Oksigen Gotong Royong dibangun di Pulo Gadung, tepat di sebelah kawasan pabrik Samator Group, di atas lahan yang disediakan Master Steel yang didukung PT Tripatra sebagai perusahaan kontraktor yang menangani pembangunan Rumah Oksigen.

Rumah Oksigen Gotong Royong yang akan beroperasi dalam waktu dekat ini, bakal dapat diakses masyarakat melalui aplikasi Halodoc. GoTo dan KADIN Indonesia sedang dalam tahap finalisasi untuk kemitraan dengan pihak yang akan mengelola operasionalnya, dengan kemampuan dan pengalaman dalam pengelolaan fasilitas kesehatan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya