Startup Ini Bantu Transformasi Digital BUMN

Startup.
Sumber :
  • GPG International

VIVA – Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), anak usaha Telkomsel yang bergerak di bidang modal ventura, berencana mengembangkan platform customer data experience lewat kolaborasinya dengan Feedloop, startup pengembang platform tanpa kode.

Konsisten Mengomunikasikan Value Perusahaan, BRI Raih 6 Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Platform ini rencananya dipersiapkan untuk membantu transformasi digital di semua sektor, salah satunya unit bisnis Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Untuk itu TMI berinvestasi pra seri A kepada Feedloop, yang menjadi modal bagi startup tersebut untuk melayani lebih banyak perusahaan besar di tahun-tahun mendatang.

"Layanan ini diharapkan banyak diadopsi oleh para pengembang aplikasi atau bisnis lainnya untuk dapat membangun platform yang efektif dan efisien," kata Direktur Utama TMI Marlin R. Siahaan, Sabtu, 31 Juli 2021.

Soal Lemahnya Penegakkan Aturan ke Tiktok, Ekonom Singgung Ambisi Jalur Sutra Tiongkok

Ia mengatakan sebagai langkah awal, Telkomsel dan Feedloop bersinergi dalam mengembangkan Customer Data and Experience Platform, sebuah platform yang dihadirkan untuk dapat mengumpulkan dan mengolah berbagai data pelanggan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan pemasaran, pelayanan, dan inovasi produk.

Selain itu, sinergi tersebut juga mendorong rencana Telkomsel untuk lebih mengembangkan lagi platform NCDP Feedloop, sehingga nantinya pengguna dapat meluncurkan aplikasi mereka sendiri dalam hitungan hari.

RI Bisa Kuasai 61 Persen Saham Freeport, Menteri Bahlil Beberkan Mekanismenya

"Platform ini nantinya diharapkan dapat lebih mudah digunakan untuk mengakselerasi transformasi digital baik di sektor UKM maupun perusahaan besar," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pendiri dan Kepala Eksekutif Feedloop, Ahmad Rizqi Meydiarso, mengaku berupaya membantu UKM di Indonesia untuk ikut menerapkan transformasi digital agar dapat memajukan bisnisnya.

Pendanaan yang tidak dipublikasi dari TMI ini akan membantu mengakselerasi terwujudnya misi Feedloop untuk melakukan pemerataan transformasi digital di seluruh Indonesia.

"Kami akan terus berkomitmen untuk menjadi digital enabler bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk mendigitalisasi layanan dan melayani konsumen mereka dengan lebih baik," ungkap Rizqi.

Sekadar informasi, Feedloop merupakan perusahaan rintisan pengembang dan pengelola Customer Data and Experience Platform (CDXP). CDXP mengkombinasikan Customer Big Data dari berbagai kanal yang kemudian dikelola oleh kapabilitas pemasaran modern.

Feedloop juga mengembangkan dan mengelola platform tanpa kode atau No Code Development Platform (NCDP) bernama Qore, yang memungkinkan pengguna dapat membuat aplikasinya sendiri untuk berbagai kebutuhan tanpa perlu memahami bahasa pemograman atau memiliki keahlian coding.

Solusi yang dihadirkan Feedloop ini telah digunakan oleh berbagai perusahaan besar seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BBRI, Paragon Technology and Innovation, Accenture Indonesia, dan GIZ Indonesia dalam mengakselerasi bisnisnya menerapkan transformasi digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya