Platform Milik Telkom Melesat gara-gara Pandemi

Telkom Indonesia.
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

VIVA – Platform pembelajaran digital besutan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Pijar Mahir, mendapat respons positif dari penggunanya. Pandemi COVID-19 membuat platform yang baru rilis tahun lalu ini sudah punya lebih dari 1,5 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Muncul Wabah Langka dan Mematikan di Jepang, 21 Orang Meninggal

Selain itu, para mitra lembaga pelatihan terbaik telah menayangkan hampir seribu judul pelatihan, antara lain Cakap, MyEdusolve, Lingkaran, Arkademy, Binus Center, Studilmu, hingga Skill Academy.

Pijar Mahir juga menjadi salah satu mitra digital resmi untuk program Kartu Prakerja sejak 2020 hingga sekarang. Lebih dari 300 pelatihan kategori prakerja, yang mencakup bidang bisnis, usaha dan marketing, kreativitas, pengembangan diri, serta aplikasi perkantoran dan bahasa Inggris.

Menkominfo: Hampir 92% Kebisingan Ruang Digital Isinya Buzzer

Head of Product Pijar Mahir, Elnofian, mengaku respons positif masyarakat Indonesia juga yang membuat pengguna naik dua kali lipat pada tahun ini, padahal baru satu semester berjalan.

Dari angka tersebut, ada juga yang sifatnya berselancar ke platform (visitor). Pada semester pertama tahun ini saja, capaian visitor sudah mendekati raihan dari total raihan tahun lalu.

Menteri Budi Arie Sebut Kominfo Take Down Ribuan Hoaks Soal Pemilu 2024

"Demikian pula dari sisi pendapatan, di mana pada semester I 2021 pencapaiannya sudah jauh meningkat jika dibandingkan pancapaian periode yang sama tahun lalu," ujarnya, Senin, 2 Agustus 2021.

Seorang peserta Pijar Mahir bidang UMKM, Tria Sharika, mengatakan jadi mengetahui banyak hal terkait bisnis kuliner setelah ikut pelatihan ini. "Sebelumnya saya tidak tahu. Jadi, banyak hal yang positif untuk ilmu baru saya dan bisa saya terapkan nanti jika ingin membangun bisnis kuliner,” kata dia.

Lain halnya dengan Muhammad Faris, seorang karyawan yang mengikuti pelatihan perkantoran komputer. Menurutnya, pelatihan tersebut selain keren, juga sangat bagus dan cocok untuk para karyawan kantor maupun umum yang ingin meningkatkan keahliannya dalam program tersebut.

“Sangat berguna bagi saya untuk menunjang aktivitas kerja menjadi lebih produktif dan efisien," jelasnya. Pijar Mahir merupakan evolusi dari pelbagai platform terkait pembelajaran sejak 2000. Dimulai dengan PPDB Siap Online, kemudian berkembang e-Learning Guru Pembelajaran (2015), PaDi/Pustaka DigItal (2016), dan Kerja Indonesia (2017).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya