Merdeka Finansial Dimulai dari Rp10 Ribu

Aplikasi Makmur.
Sumber :
  • Dok. Makmur

VIVA – PT Inovasi Finansial Teknologi menghadirkan aplikasi investasi reksa dana, Makmur, untuk membantu generasi milenial di Indonesia merdeka finansial sejak dini.

Lanjutkan Hilirisasi, Prabowo Ingat Kata Jokowi: RI Tak Mungkin Makmur Kalau Jual Bahan Mentah ke LN

Seperti diketahui, merdeka finansial yang dipopulerkan oleh pakar keuangan AS, Robert T Kiyosaki, merupakan kondisi di mana seseorang memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar semua kebutuhan hidup tanpa bekerja.

Penghasilan yang dimiliki tanpa bekerja itu biasa dinamakan penghasilan pasif. Momen ini kerap kali dikaitkan dengan usia, di mana pencapaian ini dipercaya mampu terwujud saat memasuki usia pensiun.

Rini Soemarno Suarakan Prabowo Presiden 2024, Ajak Anggota MDS Coop Ikut Mendukung

Namun, melihat perkembangan teknologi yang begitu pesat, maka menggunakan platform yang tepat bisa mempercepat seseorang untuk merdeka finansial. Aplikasi ini sudah mendapat izin APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana) dari OJK Pasar Modal pada 5 Februari 2021 Nomor KEP-3/PM.21/2021.

Makmur menyediakan beragam pilihan investasi reksa dana dan juga telah menggandeng delapan Manajer Investasi (MI) ternama.

Prabowo: Untuk Presiden, Pilih yang di Tengah dan Membela Rakyat

Kedelapan MI itu adalah BNI Asset Management, Bahana TCW Investment Management, Trimegah Asset Management, Avrist Asset Management, Capital Asset Management, RHB Asset Management, FWD Asset Management, dan Syailendra Asset Management.

Pendiri dan Kepala Eksekutif Makmur, Sander Parawira, mengaku jika platform investasi yang ditawarkannya ini berbeda dengan platform yang banyak beredar. Sebab, Makmur menawarkan keunggulan teknologi enabled human advisor yang biasanya hanya tersedia untuk nasabah prioritas.

"Aplikasi kami tidak mencampuradukkan semua jenis investasi ke dalam satu kantong, tapi menggunakan konsep 'Goal Based Investing'. Jadi, pengguna milenial bisa membuat berbagai kantong untuk masing-masing kebutuhan seperti kantong dana darurat, persiapan pensiun, dan biaya pendidikan anak," ungkap Sander, Senin, 16 Agustus 2021.

Ia lalu menjelaskan salah satu fitur unggulannya, yaitu Makmur Recipe. Dengan fitur ini maka investor pemula tidak perlu repot lagi membanding-bandingkan reksa dana atau pusing memikirkan alokasi reksa dana yang tepat.

"Fitur ini memungkinkan investor pemula untuk mengikuti resep investasi yang sudah diracik oleh investor profesional. Resep investasi akan berubah secara otomatis sesuai dengan kondisi ekonomi yang terjadi untuk memaksimalkan potensi keuntungan investor sekaligus meminimalkan potensi kerugian," jelasnya.

Sejak awal pendaftaran, aplikasi Makmur sudah membantu calon investor dengan menghadirkan teknologi OCR (Optical Character Recognition) dan Face Recognition. Teknologi OCR mampu membaca tulisan di KTP sehingga calon investor tidak perlu repot memasukkan data satu per satu.

Sedangkan, teknologi Face Recognition bisa membandingkan wajah calon investor dengan foto di KTP. Soal fitur keamanan, terdapat enkripsi 256 bit standard bank di aplikasi Makmur, sehingga data investor tidak dapat dibaca pihak yang tidak berhak.

Selain itu, otentikasi 2 faktor (OTP dan PIN) untuk memastikan hanya pemilik rekening yang sah yang bisa masuk ke aplikasi Makmur, dan juga otentikasi biometrik supaya pemilik rekening dapat masuk ke aplikasi tanpa memasukkan PIN.

Untuk memulai investasi bisa dari Rp10 ribu. Aplikasi Makmur juga memberikan cashback untuk pembayaran menggunakan ShopeePay dan LinkAja. Platform ini juga bekerja sama dengan Traveloka dan Grab dalam loyalty program, sehingga akan ada bonus yang menarik hanya dengan menukarkan poin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya