Dukung Kuliner Lokal dari Ponsel

Ilustrasi ponsel.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memiliki peranan besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan kontribusi sebesar 61,07 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. UMKM juga berpotensi menyerap 97 persen dari total tenaga kerja di Tanah Air.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Karenanya, UMKM dituntut untuk lebih adaptif dengan kebiasaan baru agar dapat bertahan mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital meskipun banyak keterbatasan yang ditetapkan pada saat pandemi COVID-19.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mencatat, hingga 21 Agustus 2021 sebanyak 15,3 juta UMKM sudah masuk ke platform digital.

Ada Tempat Kuliner Baru di Cikarang, Hadirkan Konsep Grill Delli Hingga Menu Delicatessen

Realisasi itu melampaui target tahun ini yang direncanakan 13,7 UMKM masuk ke digital. Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM yang memasarkan produknya secara digital pada 2030.

Berdasarkan data riset Blibli bersama sejumlah lembaga menyebutkan bahwa pelaku UMKM yang sudah go online bisa menghasilkan pendapatan 1,1 kali lebih tinggi dan meningkatkan potensi sebesar 2,1 kali lipat untuk menjangkau pasar di seluruh Indonesia, dibandingkan yang UMKM offline.

Siap-siap Menyambut Xiaomi 14 di Indonesia

Makanya, e-commerce milik Grup Djarum itu menggelar festival jajanan lokal bertajuk #PejuangLokal memecahkan rekor Festival Kuliner Daring dengan UMKM Terbanyak, yang diberikan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Rekor ini berhasil dipecahkan Blibli dengan melibatkan 3.190 seller UMKM dan menyediakan lebih dari 57 ribu produk kuliner termasuk jajanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

"Pelanggan bisa dukung kuliner lokal dari rumah melalui aplikasi e-commerce di ponsel,” kata Vice President Galeri Indonesia Blibli, Andreas A. Pramaditya, Senin, 6 September 2021.

Selain itu, Blibli juga berkolaborasi dengan Tirta Lie, food blogger kuliner Indonesia, untuk menghadirkan kurasi 130 menu jajanan lokal.

Pada festival kuliner online ini tidak hanya menyajikan kuliner lokal dalam bentuk menu restoran, tapi juga termasuk camilan, kue basah, frozen food, hingga aneka minuman.

"Pencapaian Blibli lewat Festival Kuliner #PejuangLokal, kami mencatat bahwa kegiatan ini layak menerima rekor Festival Kuliner Daring dengan UMKM terbanyak,” ungkap Wakil Direktur Utama MURI, Osmar Semesta Susilo MIB.

Festival jajanan lokal ini berhasil menggaet lebih dari tiga ribu seller UMKM, yang diklaim terbanyak dari semua festival sebelumnya. “Kami terus mendorong UMKM go digital sehingga usahanya berkembang di platform kami, yang pada akhirnya memutar roda ekonomi nasional,” tutur Andreas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya