2 Fakta Menarik dari Belanja Online

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA – Masyarakat yang berbelanja di platform toko online akan mencapai Rp370 triliun pada tahun ini. Angka itu mengalami kenaikan sebesar Rp104 triliun dibandingkan tahun lalu.

Tips Meningkatkan Level Bermain Game di Platform Steam

Bank Indonesia mencatat transaksi e-commerce pada 2020 mencapai Rp266 triliun, sementara tahun sebelumnya hanya Rp206 triliun dan Rp106 triliun di 2018.

Pertumbuhan tersebut tercermin dari nilai transaksi uang elektronik pada Maret 2021 sebesar Rp21,4 triliun, atau tumbuh 42,46 persen (yoy).

Indonesia Diminta Hati-hati saat Idul Fitri

Volume transaksi digital banking juga terus meningkat, di mana pada Maret 2021 tumbuh 42,47 persen (yoy) mencapai 553,6 juta transaksi dan nilai transaksi digital banking yang tumbuh 26,44 persen (yoy) mencapai Rp3.025,6 triliun.

Melihat laporan Bank Indonesia, tidak dapat dimungkiri bahwa saat ini gaya belanja masyarakat sudah berubah dari transaksi konvensional menjadi online. Sebagian orang merasa mendapatkan kemudahan sekaligus saat belanja online.

Pembatalan dan Perubahan Jadwal Tiket Whoosh Bisa Dilakukan Online, Ini Caranya

Selain fleksibel, belanja online dianggap lebih aman dan nyaman karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Tidak hanya itu, belanja melalui marketplace juga bisa berkesempatan mendapatkan berbagai promo yang jarang ditemukan saat belanja offline.

Dengan situasi di mana masyarakat masih dihadapkan dengan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, e-commerce asal Singapura Shopee menjemput bola untuk memenuhi kebutuhan seluruh ekosistemnya melalui 9.9 Super Shopping Day.

"Kami ingin menciptakan pengalaman belanja online yang nyaman tanpa harus keluar rumah. Kami berharap dapat menciptakan peluang baru untuk para pelaku usaha dan memberikan kebahagiaan bagi para pengguna," kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, Sabtu, 11 September 2021.

Menurutnya, beberapa fakta menarik ditemukan dari pasar UMKM selama gelaran Shopee 9.9 Super Shopping Day. Salah satunya produk kecantikan menjadi kategori favorit, menunjukan adanya tren peningkatan penggunaan produk kecantikan lokal.

Permintaan tinggi selanjutnya dari kategori perlengkapan rumah dan juga kuliner. Bukan itu saja. Fakta menarik lainnya juga didapatkan dari sisi ekonomi digital, di mana kemudahan pembayaran yang diberikan Shopee lewat dompet digital mereka, ShopeePay, yang mengalami peningkatan transaksi.

"Ada lebih banyak toko-toko offline yang ikut menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran agar bisa memberikan pengalaman transaksi yang mudah dan aman. Ada peningkatan sebesar enam kali lipat dari tahun lalu untuk pengguna yang melakukan pembayaran di toko offline menggunakan dompet digital kami," jelas Handhika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya