Gojek dan Kominfo Menyatukan Misi

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba.
Sumber :
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Gojek menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang Percepatan Transformasi Digital melalui Edukasi dan Pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Masyarakat Umum.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba menyebut segera melakukan beberapa agenda terkait percepatan transformasi digital, di antaranya adalah edukasi dan pelatihan UMKM dan masyarakat umum sesuai arahan presiden Joko Widodo di mana digitalisasi UMKM merupakan salah satu agenda prioritas.

"Kami berharap bisa mempercepat transformasi digital melalui edukasi dan pelatihan UMKM serta masyarakat umum sehingga dapat berkontribusi signifikan dalam proses digitalisasi UMKM di Indonesia, serta pemetaan SDM digital yang resilient dan inovatif. Semakin digital, semakin maju," kata dia, Selasa, 14 September 2021.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Etika Pelajar di Dunia Digital"

Nota kesepahaman tersebut fokus pada tiga area utama, yaitu akselerasi kompetensi SDM digital, peningkatan literasi digital masyarakat, dan percepatan transformasi digital pada sektor ekonomi dan bisnis.

Dukungan Gojek sejalan dengan upaya percepatan penerapan Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 yang dicanangkan Kominfo sebagai panduan pelaksanaan transformasi digital di empat pilar, yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"

Untuk mendorong hilirisasi atau pemanfaatan teknologi digital, Kominfo secara konsisten memberikan rangkaian pelatihan berbasis digital kepada masyarakat, dan dalam pelaksanaannya menggandeng berbagai pihak, mulai dari instansi pemerintah, pelaku usaha termasuk platform digital, akademisi, komunitas, hingga media.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Gojek Kevin Aluwi mengatakan sejak awal sudah melalui ekosistemnya terus mendorong transformasi digital di berbagai lapisan serta aspek kehidupan masyarakat, dan di tengah pandemi COVID-19 semakin proaktif melakukan percepatan digitalisasi.

Mulai dari mendukung UMKM bermigrasi dengan mudah ke ranah digital, meningkatkan kompetensi talenta digital, hingga mengedukasi masyarakat tentang cara memanfaatkan teknologi digital dengan aman.

Inisiatif ini merupakan bagian dari gerakan #BangkitBersama yang diinisiasi oleh Gojek sebagai bagian dari Grup GoTo untuk bisa mendorong berbagai elemen di dalam dan di luar ekosistem untuk dapat bertahan dan tumbuh di masa pandemi.

"Kesuksesan berbagai upaya ini tentunya tidak terlepas dari dukungan Kominfo terhadap industri ekonomi digital. Dengan makin dikukuhkannya kolaborasi ini, kami berharap dapat menjadi mitra terdepan pemerintah dalam rangka memaksimalkan potensi Indonesia sebagai digital economic powerhouse di Asia Tenggara," kata Kevin.

Dukungan yang tertuang dalam Nota Kesepahaman tersebut akan direalisasikan melalui tiga pilar utama, yaitu peningkatan literasi keamanan digital bagi masyarakat dan UMKM, digitalisasi UMKM, dan pelatihan SDM digital dan startup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya