Banyak Cara Meraih Pendapatan

Perusahaan ekspedisi SiCepat.
Sumber :
  • SiCepat

VIVA – Perusahaan Ekspedisi PT SiCepat Ekspres Indonesia menambah kepemilikan saham di PT Digital Mediatama Maxima Tbk. Dengan begitu, saham SiCepat di startup penyedia platform media digital itu bertambah menjadi 6,05 persen atau sama dengan 6.831.300 lembar saham dari semula 5,96 persen.

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

Transaksi pembelian saham startup berkode emiten DMMX oleh SiCepat tersebut berlangsung pada 21 Oktober 2021. Pembelian dilakukan pada harga Rp2.330 per saham. SiCepat mengalokasikan dana Rp15,97 miliar untuk menambah kepemilikan saham.

"Dengan kembali menggeliatnya ekonomi seiring makin menurunnya kasus COVID-19 secara nasional, maka diperlukan sinergi yang semakin erat dengan mitra bisnis seperti DMMX," ungkap Chief Executive Officer SiCepat Ekspres Indonesia, The Kim Hai, Senin, 25 Oktober 2021.

Laba PT SMI Turun Jadi Rp 2,08 Triliun di 2023, Ini Penyebabnya

Bertambahnya saham SiCepat di DMMX adalah kelanjutan dari kerja sama keduanya dalam hal Digital Cloud Ad yang tersebar pada beberapa service points SiCepat. Kemitraan ini merupakan pengembangkan platform komersial untuk jaringan ritel UMKM DMMX bersama jaringan logistik SiCepat.

Catat Rekor Baru, Rukun Raharja Cetak Laba Bersih 2023 US$27,1 Juta

Ekspedisi SiCepat

Photo :
  • Ist

Menurut Hai, DMMX memiliki jaringan distribusi POP (Point of Present) sekitar 100 ribu yang terdiri dari toko tradisional, modern retail, dan sarana transportasi sehingga sinergi ini menguntungkan bisnis SiCepat untuk mengembangkan jaringan drop-point dan pick-up point.

"Ekspansi jaringan DC (Distribution Center) berupa warehouse (gudang) dan titik-titik pool kendaraan juga dapat dialokasikan dengan lebih akurat karena sudah adanya last-mile point," jelasnya.

Di sisi lain, SiCepat juga akan meluncurkan bisnis baru untuk kendaraan bertenaga listrik (motor listrik) dan stasiun pengisian baterai bagi pengguna kendaaran listrik dalam waktu dekat.

Ketersediaan tempat untuk stasiun pengisian baterai menjadi sangat penting dalam bisnis ini, dan untuk dalam waktu cepat dapat mengakuisisi POP dalam jumlah masif, sehingga diperlukan sinergi dengan mitra seperti DMMX yang tujuannya menambah potensi bisnis dan efek ekonomi dari kedua belah pihak.

Para mitra DMMX yang tergabung dalam jaringan distribusi SiCepat akan meraih pendapatan baru sebagai agen drop-point dan pick-up center. Untuk stasiun pengisian baterai akan ada tambahan ads inventory (LED display ads) baru bagi bisnis cloud advertising yang juga berpotensi menambah pundi-pundi keuangan perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya