Pasien Makin Mudah Berobat Tanpa Harus Keluar Rumah

Ilustrasi integrasi digital.
Sumber :
  • INSEAD Knowledge

VIVA – Sektor healthtech diprediksi terus tumbuh seiring dengan kebutuhan terhadap layanan kesehatan berbasis teknologi. Pandemi COVID-19 membuat Indonesia seperti tidak punya pilihan selain beralih ke cara kerja digital untuk mengelola penyebaran wabah serta memberikan layanan kesehatan yang lebih berkualitas.

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Pandemi juga menyoroti solusi perawatan kesehatan berbasis digital yang diberikan kepada pasien, seperti mempersingkat waktu tunggu, mengatasi kepadatan di ruang tunggu dan meminimalisir perjalanan ke rumah sakit.

Perusahaan rintisan atau startup teknologi kesehatan Zi.Care berada pada posisi strategis dan unik untuk secara efektif memperkuat fondasi sistem perawatan kesehatan publik di Indonesia.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Penerapan Electronic Medical Records (EMR) dan Electronic Health Records (EHR) berbasis cloud milik Zi.Care diklaim mampu menjawab kebutuhan instansi pelayanan kesehatan yang dapat memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit secara akurat, real-time, hemat biaya, dan keamanannya terjamin.

"Benefit lainnya yang didapat antara lain kemudahan dalam hal klaim dan underwriting asuransi dengan bantuan kode atau proses penagihan secara otomatis agar proses lebih mudah dan efektif," kata Pendiri dan Kepala Eksekutif Zi.Care Jessy Abdurrahman, Selasa, 26 Oktober 2021.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Hal tersebut bisa terwujud dengan kolaborasi antara Zi.Care dan Bank Muamalat Indonesia melalui perjanjian kerja sama untuk mewujudkan akses layanan yang lebih baik dan mudah dijangkau, serta menyediakan solusi jasa keuangan yang terintegrasi bagi rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan.

“Kolaborasi juga termasuk ketika pasien berkonsultasi kesehatan via online menggunakan Zi.Care Mobile Apps. Jadi, pasien akan lebih mudah melakukan pembayaran menggunakan virtual account Bank Muamalat yang terintegrasi dengan aplikasi mobile kami," papar Chief of Wholesale Banking Officer Bank Muamalat Indonesia, Irvan Y Noor.

Keduanya sepakat bahwa bank dan rumah sakit juga dapat bekerja sama dalam pengelolaan keuangan rumah sakit secara menyeluruh melalui layanan cash management yang membantu rumah sakit dalam melakukan pengelolaan keuangan secara komprehensif melalui Muamalat Digital Integrated Access (MADINA).

"Kami memberikan kemudahan bagi karyawan melalui program payroll serta dana talangan atau pembiayaan yang dibutuhkan untuk pengembangan layanan, dan pengadaan alat kesehatan di rumah sakit,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya