Startup Lokal Raih Penghargaan dari PBB

Warung Pintar.
Sumber :
  • Dokumen Warung Pintar

VIVA – Teknologi dapat memberikan akses bagi perempuan untuk dapat berkontribusi lebih besar dalam menyokong ekonomi keluarga. Warung Pintar secara aktif memberdayakan dan mendorong pertumbuhan juragan warung perempuan yang tercatat jumlah perempuan mengalami kenaikan 10 persen dari tahun sebelumnya.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Berdasarkan riset Warung Pintar, skala keterlibatan perempuan dalam proses bisnis warung adalah 7,29/10 yang artinya sangat tinggi peran perempuan dalam keterlibatannya menjadi pengambil keputusan dalam bisnis warung meliputi pemesanan barang, penyelesaian masalah operasional, strategi pemasaran hingga strategi pengembagan bisnis.

Respons pasangan atau keluarga juga positif sehingga semakin membentuk kesetaraan gender antara perempuan dan pasangannya dalam rumah tangga. Perusahaan rintisan atau startup berbasis pencatatan keuangan itu mengklaim menghadirkan solusi terlengkap dengan mengintegrasikan seluruh pemain dalam ekosistem bisnis warung.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Mulai dari pemilik warung maupun toko kelontong, pengusaha grosir, distributor, hingga brand. Solusi ini memungkinkan seluruh pemain dapat tumbuh bersama termasuk para juragan perempuan yang tercatat jumlahnya 56 persen dari total juragan yang bergabung dengan Warung Pintar.

Dengan bergabung dalam ekosistem Warung Pintar dan menggunakan aplikasinya, juragan mendapatkan solusi mengelola bisnis warung dalam satu aplikasi. Mulai dari kemudahan membeli stok barang sesuai kebutuhan dengan harga kompetitif tanpa harus keluar rumah, juragan dapat menghemat waktu hingga dua jam.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Warung Pintar.

Photo :
  • Warung Pintar

Penelitian yang dilakukan Warung Pintar menyebutkan bahwa waktu tersebut memungkinkan juragan perempuan dapat mengurus rumah tangga, memiliki waktu yang lebih banyak dengan keluarga khususnya anak, sambil menjaga warung.

Tidak hanya itu. Juragan juga dapat menghemat biaya operasional yang biasa digunakan untuk beli stok di pasar hingga Rp600 ribu per bulan yang digunakan untuk membeli makanan bergizi hingga sekolah anak.

Terlebih di tengah pandemi melanda maka berbagai sektor mengalami kesulitan dan terpaksa memberlakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), ibu rumah tangga yang buka usaha warung menjadi penyokong ekonomi keluarga.

Atas dasar itulah, Warung Pintar Group diganjar honourable mentions dalam ajang penghargaan Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards yang diadakan UN Women Indonesia, organisasi PBB yang didedikasikan untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, untuk kategori Transparency and Reporting.

"Penghargaan ini membakar semangat kami untuk terus mendorong inklusivitas akses teknologi untuk menghadirkan dampak secara menyeluruh bagi warung dan komunitasnya termasuk dalam hal kesetaraan gender," kata Kepala Eksekutif Warung Pintar Group, Agung Bezharie Hadinegoro, Rabu, 27 Oktober 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya