Panasnya Persaingan Tokopedia, Shopee dan Lazada

E-commerce.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Industri e-commerce di Indonesia senantiasa berubah dan berkembang pesat seiring dengan berjalannya tahun. Mendekati akhir 2021, persaingan pun semakin memanas antara 5 nama besar e-commerce di Tanah Air, yakni Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan Blibli.

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

SnapCart melakukan riset dengan metode online survei yang dilakukan sejak September 2021. Survei yang diselenggarakan oleh SnapCart ini diikuti oleh seribu responden dari berbagai jenis kelamin, golongan usia, pendapatan, dan tersebar di berbagai area di Indonesia.

“Dari hasil riset SnapCart, ditemukan bahwa Shopee merupakan e-commerce yang paling banyak diingat dan paling banyak digunakan kebanyakan orang," ujar Astrid Wiliandry, direktur Snapcart, Jumat, 29 Oktober 2021.

Shopee Berani Garansi Paket Sampai Tepat Waktu, Simak Kompensasi dan Cara Klaimnya

Sebanyak 75 persen responden menjawab bahwa Shopee merupakan aplikasi atau situs belanja online yang menjadi top of mind. Disusul oleh Tokopedia dengan persentase 18 persen, dan Lazada sebesar 5 persen.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Shopee.

Photo :
  • Vietnam Investment Review

Dari total responden, sebanyak 87 persen menjawab Shopee adalah platform e-commerce yang mereka gunakan dalam 3 bulan terakhir.

Sementara itu, 46 persen responden menggunakan Tokopedia dan 20 persen responden lainnya menggunakan Lazada.

Jika dinyatakan secara share of users, maka Shopee memiliki pangsa pengguna sebesar 51 persen. Disusul oleh Tokopedia yang memiliki 27 persen, dan Lazada meraup 11 persen.

"Temuan SnapCart ini sejalan dengan laporan Map of E-commerce in Indonesia yang diterbitkan oleh iPrice pada kuartal II 2021," jelas Astrid.

Dalam laporan tersebut terlihat bahwa menurut ranking aplikasi, baik dalam Apple App Store atau Google Play Store, Shopee menempati peringkat pertama.

Tokopedia.

Photo :
  • The Investor

Adapun Tokopedia duduk di peringkat kedua di Apple App Store, dan keempat pada aplikasi Google Play Store.

Data App Annie juga menunjukkan hasil yang serupa, di mana sejak awal hingga pertengahan 2021, Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor satu di Indonesia dengan jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user) serta jumlah total unduhan (total downloads) terbanyak, baik di Google Play Store atau Apple App Store.

Hasil riset SnapCart juga semakin diperkuat dengan data dari SimilarWeb for App Performance tentang aplikasi e-commerce di Indonesia. Dalam data ini, Shopee memiliki jumlah daily active user (DAU) atau pengunjung aktif harian yang melampaui Tokopedia hingga lebih dari tiga kali lipat.

Selama Agustus lalu, jumlah pengunjung aktif harian aplikasi Shopee mencapai 28,35 juta, sementara aplikasi Tokopedia di angka 8,43 juta.

Dalam indikator frekuensi belanja (transaction frequency) pada riset SnapCart, Shopee mencatat nilai rata-rata 5,44 kali per bulan. Posisi berikutnya berturut-turut diisi oleh Tokopedia dengan rata-rata 3,99 kali dan Lazada dengan rata-rata 3,61 kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya